ADA BERITA APA HARI INI?

Pengertian Dan Manfaat Ongkir

TIPS
User

joshua

25 January 2023

Membahas tentang Ongkir Jakarta Medan memang sangat penting mengingat saat ini pengiriman barang  dari Jakarta ke Medan juga cukup banyak. Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Ongkos Kirim

Ongkos kirim atau lebih dikenal dengan ongkir menjadi sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi ditelinga. Terutama bagi anda yang memang sudah terbiasa berbelanja secara online, tentu sudah familiar dengan istilah ongkir ini.

Ongkos kirim atau ongkir pada dasarnya merupakan biaya yang dibebankan kepada penerima barang. Nominal atau besar ongkos kirimnya sangat bervariasi. Semua tergantung dari beberapa faktor seperti :

1. Berat barang

2. Tujuan barang

Kedua faktor diatas akan sangat menentukan besar kecilnya nominal ongkir. Semakin berat barang yang dikirim, maka semakin besar biaya pengirimannya. Begitu pula dengan lokasi. Semakin jauh lokasi penerima barang dari pengirim, maka akan semakin besar pula ongkir yang ditetapkan.

Setiap jasa ekspedisi tentu juga memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan besarnya nominal ongkir. Ada pula kebijakan yang bisa memperkecil nominal ongkir itu sendiri dimana biasanya pemotongan atau pembebasan ongkir free ongkir dilakukan oleh seller atau penjual.

Manfaat Ongkir Bagi Pengirim

Ketika berbelanja online tentunya sudah paham dengan apa itu ongkos kirim atau ongkir. Ternyata keberadaan ongkir ini memiliki banyak manfaat bagi pengirim. 

Jika ongkir ini berbayar, maka tentunya pihak pengirim atau penjual barang tidak perlu harus keluar biaya pengiriman dan biaya tersebut akan dibebankan kepada penerima atau pembeli barang. Sehingga dengan kata lain penjual akan tetap laku jualannya tanpa harus keluar biaya untuk proses pengiriman barang tersebut.

Begitu pula ketika penjual menawarkan free ongkir atau ongkos kirim gratis. Dari sisi penjual akan tetap diuntungkan. Alasannya adalah ketika ada promo free ongkir tentunya pembeli akan lebih tertarik untuk berbelanja. Sehingga akan semakin banyak barang yang terjual dan makin banyak pula keuntungan yang didapatkan oleh penjual.

Mengenai besarnya ongkir sendiri akan ditentukan oleh jarak, lokasi dan juga berat barang. Sehingga besar Ongkir Jakarta Medan tentu akan berbeda dengan ongkir kota lainnya.

Manfaat Ongkir Bagi Konsumen

Tak hanya bermanfaat bagi pengirim atau penjual saja, ongkir juga bermanfaat bagi konsumen atau pembeli. Jika ongkirnya berbayar atau tidak free  maka hal ini bisa menjadi reminder atau pengingat tentang berbelanja. Besarnya ongkir akan menjadi pertimbangan apakah harus belanja atau tidak agar tidak terlalu boros dan bisa memilih seller yang lokasinya lebih dekat agar ongkir yang dibebankan lebih ringan.

Jika ongkirnya gratis maka keuntungannya sudah jelas tidak perlu membayar biaya pengiriman. Biasanya hanya akan ditambahkan biaya penanganan sistem saja. Sehingga bisa belanja banyak atau sedikit tanpa harus takut ongkirnya banyak. 

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu ongkir dan apa sajakah manfaat yang ditawarkan. Bagi anda yang ingin cek Ongkir Jakarta Medan atau ongkir keluar negeri, maka kamu bisa mengunjungi mooleh.com karena hanya perlu satu aplikasi saja anda bisa mengetahui dan mengakses semuanya.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN