ADA BERITA APA HARI INI?

Freight Forwarding Service Dengan Ekspedisi Tercepat Dan Terpercaya

UMUM
User

joshua

08 May 2023

Meningkatnya pembelian barang secara online hingga ke mancanegara meningkatkan jumlah pengiriman barang baik domestic maupun luar negeri. Hal ini tentu saja membutuhkan sebuah layanan pengiriman barang dengan cepat dan tepat sasaran.

Apa Itu Freight Forwarding Service

Pengiriman barang dapat dilakukan dengan menggunakan jasa freight forwarding. Freight forwarding service merupakan jasa pengurusan transportasi. Kegiatan ini dilakukan untuk seluruh sektor yang membutuhkan jasa angkutan barang dengan jumlah besar maupun kecil. Angkutan yang digunakan dapat berupa jalur darat menggunakan kereta api, kapal laut maupun pesawat bersama jasa kirim Mooleh.com. Cara kirim barang lewat kereta api

Kegiatan dalam freight forwarding service dapat berupa penerimaan, penyimpanan, sortasi, penandaan, penimbangan berat, pengukuran barang, pembuatan dokumen angkutan, pengelolaan barang pengiriman, pemesanan rombel pengangkutan, klaim pengembalian dana hingga sampai proses pengantaran.

Freight Forwarding Service

Layanan yang ditawarkan oleh freight forwarding kepada seluruh pelaku usaha yaitu berkaitan tentang kegiatan operasional, kegiatan ini dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan para pihak yang memiliki sarana dan prasarana yang memadai sehingga akan lebih mudah untuk melakukan pengerjaan.

Namun perlu diketahui layanan pengiriman berupa freight forwarding service akan dikenakan biaya pajak PPN ( pajak pertambahan nilai) oleh pemerintah.  Di lain sisi, layanan ini juga berkaitan dengan pengenaan pajak penghasilan ( PPh ).

Cakupan jasa freight forwarding tergolong sangat luas sebab memberikan pelayanan dalam penanganan barang baik pengiriman maupun penerimaan barang, mulai dari penyimpanan barang sampai pada penyelesaian pengiriman dalam bentuk dokumen.

Jenis – Jenis Freight Forwarding Service

Dalam pelaksanaan kegiatan pengangkutan barang, freight forwarding dibagi dalam 2 jenis yaitu sebagai berikut :

1. Berdasarkan Operasional

Pengiriman barang yang dilakukan oleh forwarder yaitu hanya dapat dilakukan dengan menggunakan sarana yang sudah ditetapkan sejak awal. Pemilihan armada seperti Mooleh.com, pengiriman dilakukan berdasarkan bentuk barang, jenis kemasan, berat barang serta isi paket yang akan dikirim. Namun secara operasional, forwarding hanya akan melayani pengiriman barang dengan jumlah terbatas sesuai dengan kehendak konsumen.

2. Forwarder Internasional

Pada jenis ini, jasa kirim sudah sampai hingga mancanegara. Umumnya freight forwarding dilakukan oleh jasa kirim yang profesional. Saat ini pihak jasa kirim freight forwarding juga telah menangani kegiatan exporting dan importing.

Keuntungan Menggunakan Freight Forwarding Service

  1. Meminimalisir biaya pengemasan barang sebab ketika barang hendak dikirim makan pengemasan dilakukan oleh perusahaan freight forwarding. Hal ini dilakukan dengan alat packing yang disediakan oleh perusahaan.
  2. Mengurangi biaya karyawan yang berlebih. Proses layanan yang disediakan akan menghemat tenaga dan waktu sehingga hal ini juga akan mengurangi biaya pengeluaran perusahaan.
  3. Masa perjalanan kapal kerap kali menjadi pertimbangan besar bagi pengusaha. Namun ketika menggunakan freight forwarding maka masa transit kapan akan semakin sedikit sebab perjalanan kapal akan semakin pendek sehingga biaya juga semakin ekonomis.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN