ADA BERITA APA HARI INI?

7 (Tujuh) Tips Memilih Kargo Pengiriman Barang Terbaik

TIPS
User

joshua

06 October 2022

Dalam proses jual beli baik di wilayah dalam negeri maupun luar negeri untuk keperluan ekspor impor maka diperlukan adanya Kargo Pengiriman Barang. Sebaiknya pilih kargo yang tepat dan terbaik karena masalah pengiriman barang ini akan sangat menentukan kesuksesan dan keberlangsungan bisnis juga tingkat kepercayaan konsumen. Berikut ini tips memilihnya.

Kumpulkan Informasi Kargo Pengiriman Barang Dengan Lengkap

Informasi mengenai penawaran jasa kargo bisa didapatkan secara offline melalui berbagai iklan atau rekomendasi kerabat dan kolega maupun secara online lewat web dan informasi dari search engine. Lalu cermati penawarannya.

Pilih Jasa Kargo Yang Melayani Lokasi Alamat Pengiriman

Lalu dari sekian banyak jasa kargo yang ada maka pilih jasa kargo yang melayani hingga ke lokasi alamat pengiriman pesanan. Terutama jasa kargo yang memiliki kantor cabang di lokasi sesuai alamat tujuan pengiriman barang pesanan. Dengan demikian jika terjadi permasalahan saat proses pengiriman barang maka bisa dengan mudah diselesaikan hingga tuntas.

Alamat Dan Kontak Nomor Jelas

Lalu usahakan untuk cek alamat kantornya, dan pilih yang kontak nomornya mudah dihubungi dan aktif selama 24 jam, 7 hari sepekan, secara non stop. Sehingga jika terjadi kendala atau permasalahan selama proses pengiriman bisa mudah dihubungi.

Jasa Kargo Bereputasi Baik

Kemudian jika terdapat lebih dari satu kargo yang juga melayani lokasi tujuan pengiriman barang sesuai pesanan konsumen maka pilih jasa kargo yang memiliki reputasi yang terbaik. Sebaiknya pilih jasa kargo yang sudah terkenal dengan nama besar, atau meski baru tapi reputasinya bagus. Jangan korbankan kepercayaan konsumen hanya untuk harga tarif pengiriman barang yang termurah tapi jasa kargonya tidak amanah dan tak bertanggung jawab. Pilih dengan cermat agar barang pesanan yang dikirim bisa sampai dengan kondisi baik, utuh secara tepat waktu pada alamat yang benar dan tak ada yang kurang atau rusak sedikitpun. Pada jasa kargo yang tak bertanggungjawab dan biasanya menawarkan tarif jasa pengiriman yang murah sering kali paket kiriman barang diperlakukan secara sembarangan, ditumpuk-tumpuk melebihi kekuatan daya tahan barang, dilempar-lempar dan dibiarkan basah kehujanan dan perlakuan buruk lainnya pada barang kiriman. Sehingga risiko rusak menjadi tinggi. Bahkan bisa juga hilang atau salah kirim dan berbagai masalah lainnya. Cermati reputasinya lewat berbagai testimoni dan review para pelanggan yang pernah menggunakan jasanya sebelumnya.

Menyediakan Fasilitas Antar Jemput Barang Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya cermati berbagai fasilitas penunjang layanannya. Bisa pilih jasa kargo yang menyediakan fasilitas penjemputan barang kiriman apalagi yang gratis. Hal ini akan sangat memudahkan proses pengiriman barang. Kemudian pilih cara kirimnya sesuai kebutuhan. Bisa secara D to D yaitu Door to Door, yakni barang kiriman dijemput sejak dari alamat pengiriman dan diantar hingga sampai ke alamat tujuan, atau secara P to P yaitu Port to Port, yakni barang kiriman diantar ke pool dan dikirim ke kota atau negara tujuan lalu diambil di pool kantor cabang di kota atau negara tujuan. Selain itu bisa juga kombinasi D to P atau P to D. Biaya paling tinggi adalah D to D dan yang termurah adalah yang P to P.

Menyediakan Fasilitas Tracking Kargo Barang Kiriman

Berikutnya pilih jasa kargo yang menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap sesuai kebutuhan yang lainnya. Usahakan untuk memilih jasa kargo yang menyediakan fasilitas tracking barang kargo barang kiriman.

Menyediakan Paket Pengiriman Kargo Yang Lengkap

Bisa pilih jasa kargo yang menyediakan kargo campuran yang memungkinkan pengiriman sedikit barang bersama barang pengirim lainnya. Sehingga tak perlu harus sewa 1 kargo dan bisa hemat.

Menyediakan Asuransi Dan Garansi

Berikutnya bisa pilih jasa kargo yang menyediakan garansi dan asuransi. Dengan demikian maka bisa meminimalkan risiko barang kiriman terlambat sampai atau rusak atau hilang atau mengalami kendala dan masalah lainnya selama proses pengiriman.

Itulah antara lain beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan pada saat hendak menggunakan layanan jasa kargo pengiriman barang

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN