ADA BERITA APA HARI INI?

Hati-hati! Ini Tips Penting Pengiriman Barang Ke Luar Negeri

TIPS
User

joshua

06 October 2022

Pengiriman barang ke luar negeri biasanya dilakukan oleh para pebisnis ketika ingin melakukan meluaskan jangkauan pelanggan. Apalagi sekarang pasar global sangat terbuka dan didukung dengan dunia online sudah saatnya kini pebisnis harus go international.

Sebelum Anda melakukan ekspor atau pengiriman ke luar negeri. Anda harus memperhatikan tips berikut agar pengiriman bisa berjalan dengan aman dan lancar. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Kiat Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Anti Rugi

Di bawah ini adalah hal-hal yang bisa dipertimbangkan ketika ingin melakukan pengiriman. Ini dia 5 tips yang harus dilakukan saat melakukan pengiriman barang ke luar negeri.

  1. Mencari Informasi Regulasi Negara Tujuan

Setiap negara memiliki kebijakan atau regulasi yang mengatur pengiriman barang. Bahkan ada beberapa negara yang melarang pengiriman barang tertentu atau pembatasan jumlah. Informasi yang Anda dapatkan bisa menolong paket Anda agar bisa terkirim dengan aman dan lancar sampai ke tujuan.

  1. Kalkulasikan Harga Pengiriman Dengan Baik

Karena biaya pengiriman barang ke luar negeri terbilang mahal, maka Anda harus menghitung keseluruhan biaya operasional. Misalnya, biaya pengemasan, biaya pengiriman, pajak atas barang tersebut, biaya penanganan, dan biaya-biaya yang lain.

Anda bisa melakukan riset kecil untuk menentukan berapa biaya yang harus diperlukan ketika melakukan pengiriman luar negeri. Jangan lupa untuk selalu bersikap transparan mengenai biaya pengiriman agar tidak merusak reputasi bisnis Anda.

  1. Teliti Dalam Menyiapkan Dokumen Pengiriman

Pengiriman barang secara internasional dan pengiriman secara nasional memiliki beberapa aturan yang berbeda. Dokumen seperti bea cukai, asuransi, surat barang, dan lain sebagainya.  

Dokumen-dokumen pengiriman harus disiapkan secara betul agar proses pengiriman lancar dan tidak tertahan di bea cukai. 

  1. Barang Dikemas Secara Maksimal

Ekspor barang biasanya membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu pengemasan menjadi kunci keamanan barang agar tidak rusak ketika perjalanan. 

Pertimbangkan untuk menggunakan proteksi tambahan seperti bubble wrap untuk memaksimalkan perlindungan barang dan mencegah kerusakan selama proses pengiriman.

  1. Mempertimbangkan Jalur Pengiriman

Jalur ekspor ke luar negeri umumnya memakai dua jalur. Jalur laut akan menggunakan kapal kontainer yang berukuran sangat besar sehingga biaya operasional bisa terpangkas. Anda tidak perlu merogoh kocek cukup dalam ketika menggunakan jalur laut, namun waktu sampai paket Anda akan lebih lama.

Jalur udara bisa menjadi alternatif apabila Anda menginginkan kecepatan dalam mengirim ke luar negeri. Transportasi pesawat pun setiap hari selalu ada, sehingga Anda tidak akan kekurangan armada pengiriman. Namun, dengan kelebihan tersebut Anda harus membayar biaya yang relatif mahal daripada jalur laut. 

  1. Memakai Jasa Pengiriman Terpercaya

Tips terakhir yang bisa Anda terapkan ketika melakukan pengiriman luar negeri adalah memilih jasa pengiriman terpercaya. Jasa pengiriman yang profesional dan terpercaya akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk proses pengiriman barang dari tangan Anda hingga sampai ke tangan konsumen di luar negeri.

Anda harus pintar-pintar menentukan pilihan jasa pengiriman. Silakan untuk mencari informasi mengenai keunggulan layanan yang ditawarkan oleh setiap jasa pengiriman yang Anda jadikan mitra ekspor barang ke luar negeri nantinya.  

  1. Fitur Tracking

Fitur tracking atau pelacakan harus dipertimbangkan ketika memilih jasa pengiriman. Pastikan perusahaan menyediakan fitur tracking secara real time untuk memudahkan pengecekan status pengiriman barang.

Demikian adalah tips-tips pengiriman barang ke luar negeri yang bisa diterapkan. Ekspor ke luar negeri harus dilakukan secara baik agar pelanggan-pelanggan dari bisnis Anda semakin percaya atas reputasi yang dibangun.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN