ADA BERITA APA HARI INI?

Apa Itu Delivery? Berikut Fungsi Dan Keuntungannya Untuk Anda!

UMUM
User

joshua

06 March 2023

Anda pasti pernah mendengar istilah delivery ataupun delivery order. Apa itu delivery? Dalam sistem pengiriman barang, delivery adalah sebuah dokumen bukti perjanjian antara penjual dan pembeli yang berisi sejumlah informasi seperti nama dan alamat pengirim, barang dan jumlah, serta nama dan alamat penerima.

Pengertian Delivery Order

Apa itu delivery order? Yakni dokumen hukum yang digunakan oleh petugas pengiriman barang. Dengan kata lain, dokumen inilah yang akan memudahkan pekerjaan kurir saat mengirimkan barang. 

Karena melalui dokumen tersebut, kurir bisa mencocokkan barang yang diterima dengan daftar dari delivery order. Bila ada ketidaksesuaian, penerima barang bisa mengajukan komplain ke pihak pengirim.

Adapun komponen-komponen dalam delivery order, yaitu:

  1. Kop surat atau informasi pengirim
  2. Tujuan pengiriman barang
  3. Jenis dan jumlah barang
  4. Deskripsi tentang barang
  5. Tanda tangan pembeli/penerima
  6. Tanda tangan petugas gudang

Fungsi Layanan Delivery Order

Ada beberapa fungsi delivery order yang perlu anda ketahui, antara lain:

  1. List barang yang akan dikirim ke pembeli
  2. Berisi pernyataan pembelian resmi pihak penjual kepada pembeli
  3. Sebagai bukti resmi bahwa barang sudah sampai ke pihak penerima barang

Keuntungan Layanan Delivery Order

Apa itu delivery? Berikut keuntungan menggunakan layanan Delivery Order, simak penjelasannya lebih lanjut:

  1. Pengiriman Berbagai Jenis Barang Menjadi Lebih Mudah

Layanan delivery order bisa anda gunakan untuk mengirimkan berbagai jenis barang, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Terutama, jika anda adalah seorang pebisnis yang cenderung lebih sering mengirim barang ke pembeli, maka delivery order bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu proses pengiriman barang sampai ke tangan pembeli. 

  1. Pengiriman Barang Lebih Praktis

Segala yang berkaitan dengan pengiriman akan dibandel langsung oleh pihak delivery, sehingga anda tidak perlu repot untuk mengirimkan barang sendiri kepada penerima. 

Bahkan saat ini sudah layanan jemput barang di tempat yang bisa anda manfaatkan sesuai kebutuhan. Secara tidak langsung ini akan membuat pengiriman barang menjadi lebih praktis.

  1. Proses Pengiriman Barang Lebih Cepat

Delivery order menawarkan proses pengiriman barang menjadi lebih cepat sesuai estimasi waktu sampai yang tersedia. Karena pihak delivery order sudah pasti akan mengusahakan agar barang bisa sampai tepat waktu sesuai dengan waktu estimasi. 

Selain itu, pihak delivery juga memiliki berbagai pilihan akomodasi yang siap digunakan untuk mempercepat proses pengiriman barang.

  1. Pengiriman Barang Lebih Aman

Setiap barang yang dikirimkan melalui layanan delivery order relatif lebih aman dibandingkan dengan mengirimkannya sendiri. Karena pihak delivery akan menjaga barang anda dengan sebaik mungkin dan memastikannya tetap dalam kondisi baik hingga sampai ke tangan penerima. 

Demikian ulasan singkat mengenai apa itu delivery, fungsi hingga keuntungan menggunakan layanan delivery order. Segera kunjungi Mooleh.com untuk info selengkapnya, sekarang juga

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN