ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Jasa Expor Impor Dan Jenis-jenisnya

UMUM
User

joshua

26 September 2022

Jasa expor impor adalah sebuah istilah yang sudah tidak asing didengar. Impor dan ekspor sendiri termasuk sebuah kegiatan perdagangan antar negara atau perdagangan internasional.

Jika dilihat dari sebuah negara, kegiatan impor dan ekspor memiliki peranan yang penting sekali. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan aktivitas sebuah ekonomi.

Mengenal Jasa Expor Impor Terbaru 

Jika dilihat dari Peraturan Pemerintah no 10 Tahun 2021, ekspor dikenal sebagai salah satu aktivitas mengeluarkan barang dari daerah as. Daerah asal adalah salah satu daerah yang dimiliki oleh Republik Indonesia dan berasal dari wilayah darat dan perairan. Bahkan, juga berasal dari udara yang berhubungan dengan daerah tertentu tepatnya dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Sementara itu, itu untuk ekspor sendiri diartikan sebagai aktivitas dalam menjual barang maupun jasa ke luar negeri. Jadi seseorang maupun lembaga yang melakukan ekspor terkenal sebagai eksportir.

Jasa expor impor ini juga termasuk aktivitas perorangan dan badan hukum yang akan melakukan sebuah aktivitas ekspor. Seluruh aktivitas ekspor ini biasanya bisa dilakukan berdasarkan skala besar. Hal ini tentunya akan melibatkan Bea Cukai sebagai salah satu pengawas dari sebuah negara.

Biasanya, kegiatan ekspor ini akan terjadi saat sebuah negara mampu memproduksi jasa atau barang dalam jumlah yang cukup besar. Bahkan, juga bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri agar lebih mudah tercukupi.

Hal ini juga yang nantinya akan mengakibatkan terjadinya sebuah kelebihan produksi barang. Dimana selanjutnya bisa langsung dikirim untuk dijual di luar negeri. Jadi saat ingin melakukan kegiatan ekspor, nantinya negara ini akan menerima sebuah pemasukan yang dikenal juga dengan devisa.

Jadi semakin sering suatu negara melakukan sebuah ekspor, maka nantinya akan semakin besar pula keuntungan dari devisa yang didapatkan.

Jenis-Jenis Dari Kegiatan Ekspor

Di Indonesia saat ini, sudah ada 2 jenis ekspor, yakni ekspor migas dan non-migas. Umumnya, komoditas migas hanya sekitar minyak bumi dan gas. 

Jika dilihat dari, ekspor non-migas hanya seperti perkebunan, hasil-hasil pertanian, kerajinan, barang industri, peternakan, serta mineral hasil tambang. Di bawah ini sudah ada berbagai macam faktor yang biasanya akan mempengaruhi aktivitas ekspor, yaitu:

  1. Kondisi Pasar Di Luar Negeri

Komoditas ekspor ini biasanya memang digunakan di Indonesia, contohnya saja minyak sawit, karet, gas alam, batu bara, hasil hutan, sampai produsen garmen. Bahkan, kini sudah ada tekstil untuk setiap barang yang dapat diekspor. Namun, tetap ada ketentuannya tergantung dari beberapa barang tersebut. 

Jadi tidak semua masyarakat maupun individu dapat langsung melakukan aktivitas ekspor. Hal ini memang karena aktivitas dari ekspornya sudah ada beberapa langkah yang wajib diikuti.

Aktivitas ekspor ini dapat menciptakan langsung permintaan efektif baru. Sehingga membuat barang yang ada dalam negeri sudah mencari inovasi dalam menaikkan sebuah produktivitas. 

Kegiatan ekspor ini sebenarnya dapat langsung meningkatkan sebuah pertumbuhan ekonomi. Bahkan, nantinya juga akan langsung memperluas pasar di seberang lautan bagi barang  yang telah tersedia. 

Sementara itu, saat ini sudah ada dua cara yang dapat dilakukan dalam sebuah Jasa expor impor. Misalnya saja seperti ekspor tanpa L/C dan biasa. Secara umum, perbedaan diantara keduanya hanya terletak pada penggunaan letter of credit atau sebagai sebuah alat pembayaran.

Aktivitas ekspor ini biasanya akan langsung melakukan penjualan ke luar negeri untuk semua ketentuan yang sudah berlaku. Berikutnya, aktivitas ekspor bisa saja ditujukan terhadap pembelian menggunakan L/C.

Sementara itu, pada aktivitas dari Jasa expor impor tanpa L/C dapat langsung dilakukan bila suatu departemen perdagangan telah mengeluarkan sebuah izin khusus.

Tujuan Dari Ekspor

Kegiatan ekspor ini memang sudah mempunyai berbagai macam tujuan seperti di bawah ini:

  1. Mengendalikan Harga Produk

Sebuah negara umumnya akan melakukan aktivitas ekspor yang langsung memanfaatkan kapasitas berlebih pada sebuah produk. Dengan begitu, negara ini dapat dinilai untuk mengendalikan sebuah harga produk ekspor yang biasanya terjadi di negaranya.

Hal ini dikarenakan produk dalam negeri sudah memiliki harga yang jauh lebih murah. Apalagi pada saat diproduksi dengan mudah serta melimpah. Agar suatu negara dapat langsung mengendalikan harga di pasar, maka nantinya harus melakukan kegiatan ekspor ke negara lain yang memang membutuhkan sebuah produk tersebut.

  1. Menambah Devisa Negara

Suatu nilai kekayaan yang sudah dimiliki oleh negara nantinya akan berbenah mata uang asing dipercaya sebagai devisa. Adanya aktivitas dari ekspor ini sebenarnya berguna sekali untuk membuka peluang yang baru di luar negeri. 

Nantinya, Jasa expor impor ini bisa langsung menumbuhkan perluasan investasi, pasar domestik, serta devisa pada suatu negara.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN