ADA BERITA APA HARI INI?

Freight Forwader Adalah Jasa dengan Berbagai Manfaat, Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

UMUM
User

joshua

26 September 2022

Freight forwarder adalah suatu istilah yang merujuk pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Dalam kegiatan ekspor impor, istilah freight forwader merupakan hal yang sudah sering terdengar. Namun, bagi sebagian orang, istilah tersebut belum terlalu familier. Oleh karenanya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Freight Forwarder

Jasa freight forwarder dapat diartikan sebagai perusahaan jasa yang mengurus pengiriman barang import dan export dengan lengkap dan menyeluruh. Lengkap di sini artinya jasa yang ditawarkan bukan hanya sebatas pengiriman, tetapi termasuk juga sebagai ahli logistik yang memberikan penawaran berbagai variasi pelayanan.

Selain itu, freight forwarder adalah solusi bagi Anda yang menginginkan proses pengiriman benar-benar dibantu mulai dari pengepakan, pengurusan dokumen, pengurusan kepabeanan, asuransi pengiriman, hingga konsultasi.

Tugas Dari Freight Forwarder

Jasa freight forwarder memiliki tugas seperti jasa pengiriman barang pada umumnya. Jenis jasa yang ditawarkan tersebut di antaranya.

  1. Memilih rute dan mode pengiriman yang paling efektif sesuai dengan jenis barang dan medan tujuan.
  2. Menerima barang, melakukan sortasi dan packaging dengan rapi dan aman.
  3. Menyiapkan setiap dokumen yang dibutuhkan untuk proses pengiriman.
  4. Negosiasi pada kontrak serta memastikan tarif transportasi dan keamanan standar pengiriman.
  5. Memberikan pelayanan konsultasi terkait kepabeanan.
  6. Mengurus dan menyediakan layanan klaim asuransi sebagai jaminan jika terjadi kerusakan ataupun kehilangan barang.
  7. Memaksimalkan proses pengiriman barang dan melakukan pelacakan dengan tepat dan cepat.
  8. Melakukan proses pengiriman dengan penuh tanggung jawab dan patuh pada setiap peraturan, baik untuk pengiriman dalam negeri atau antar negara.

Manfaat Freight Forwarder

Layanan freight forwarder terbukti memberikan manfaat kepada penggunanya yang cukup menguntungkan. Beberapa manfaat tersebut yaitu:

  1. Memberikan Kemudahan Untuk Usaha Importir

Jasa freight forwarder memberikan prosedur pelayanan yang cukup mudah untuk pengiriman barang. Kemudahan ini karena segala proses pengiriman dan hal yang berhubungan dengan pihak-pihak terkait benar-benar dibantu sehingga pengguna layanan tidak merasa kesulitan. Misalnya proses pengurusan dokumen, pengurusan administrasi, pengklaiman asuransi, dan hal lainnya, semua akan ditangani dengan baik oleh pihak jasa freight forwarder.

  1. Pengiriman Barang Lebih Efektif Dan Efisien

Manfaat freight forwarder selanjutnya adalah pengiriman barang yang akan lebih efektif dan juga efisien. Hal ini dikarenakan layanan freight forwarder memiliki perencanaan dan pengawasan yang ketat terhadap setiap pelayanan pengiriman yang dilakukan.

Selain itu, freight forwarder juga menjamin bahwa setiap keputusan mulai dari rute hingga metode pengiriman sudah diputuskan berdasarkan keputusan terbaik. Sehingga pihak pengirim dan penerima barang merasa aman dan nyaman melakukan pengiriman dengan menggunakan jasa dari freight forwarder.

  1. Pengiriman Barang Lebih Cepat

Ketepatan waktu dalam proses pengiriman adalah manfaat freight forwarder yang bisa Anda dapatkan. Dengan ketepatan waktu tersebut, proses pengiriman juga akan dilakukan dengan lebih cepat, sehingga barang juga bisa sampai ke lokasi tujuan dengan tepat waktu sesuai estimasi waktu yang diberikan.

  1. Pengiriman Barang Selalu Dicek Dengan Teliti Dan Berulang

Manfaat freight forwarder selanjutnya ada pada ketelitian dalam proses pengecekan yang juga dilakukan secara berulang. Hal ini dilakukan agar tidak ada kesalahan dan meminimalkan risiko kerusakan, kehilangan, atau kurangnya jumlah barang dari apa yang sudah ditetapkan.

Itulah penjelasan lengkap tentang freight forwarder yang perlu Anda ketahui. Berperan sebagai jasa pengiriman barang dengan pelayanan yang menyeluruh, freight forwarder adalah andalan terbaik untuk Anda yang ingin melakukan pengiriman barang impor ataupun ekspor

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN