ADA BERITA APA HARI INI?

Memahami Tugas Logistik Dalam Rantai Pasokan

UMUM
User

joshua

08 March 2023

Banyak dari kamu yang pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah logistik. Walaupun istilah ini sudah banyak digunakan di hampir semua lini bisnis, tahukah kamu bahwa logistik awalnya adalah istilah militer? Ya, pada awalnya layanan logistik adalah istilah militer yang merujuk pada bagaimana personel militer mendapatkan, menyimpan, serta memindahkan peralatan dan persediaan.

Hal inilah yang mengawali fungsi utama dari logistik. Saat ini, ada banyak perusahaan logistik yang menawarkan layanan terbaik mereka, salah satunya adalah Mooleh.com. Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan logistik, termasuk tugas logistik.

Apa Itu Logistik?

Logistik adalah keseluruhan proses pengelolaan sumber daya, mulai dari didapat, disimpan, hingga dibawa ke tujuan akhir. Karena itulah logistik selalu terkait dengan beragam sektor, baik non komersial dan komersial. Tujuan adanya logistik itu sendiri adalah untuk meningkatkan efisiensi kinerja sebuah perusahaan atau bisnis.

Karena pertumbuhan bisnis yang semakin kompleks, pengelolaan produk memerlukan penanganan khusus melalui manajemen logistik yang baik, mulai dari produksi, penyimpanan, hingga penyaluran barang. Contohnya, logistik di industri gas bumi melibatkan pengelolaan pipa, fasilitas penyimpanan, truk, dan pusat distribusi yang menangani minyak.

Tidak hanya meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan, manajemen logistik yang baik juga bisa membantu menekan biaya operasional perusahaan. Dengan adanya proses logistik yang baik, produk bisa dikirimkan dalam jumlah yang sesuai, dalam keadaan aman dan baik, serta datang tepat waktu. Dengan begini, perusahaan bisa menghindari kerugian yang disebabkan oleh ketidakpuasan pelanggan.

Bersama dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, sekarang terdapat aplikasi yang membuat proses dan pengelolaan logistik menjadi lebih mudah. Contohnya, Mooleh.com. Mooleh adalah aplikasi penyedia layanan ekspedisi luar negeri yang aman dan terpercaya. Hanya dengan satu aplikasi, kamu bisa memeriksa harga ekspedisi, booking pengiriman, hingga melakukan pembayaran.

Apa Tugas Staff Logistik?

Selanjutnya adalah mengetahui tugas logistik. Staff yang bekerja di departemen logistik bertanggung jawab mengatur ketersediaan produk di perusahaan hingga produk tersebut sampai ke tangan pelanggan. Berikut adalah tugas staff logistik:

  • Menentukan sistem logistik yang tepat dan cocok untuk perusahaan.
  • Mendistribusikan dan menyimpan stok produk, baik yang akan keluar dari gudang penyimpanan dan yang akan masuk ke gudang.
  • Melaksanakan dan mengendalikan proses penyimpanan produk.
  • Melayani dan memberikan informasi data inventaris gudang.
  • Mendistribusikan produk hingga ke tangan pelanggan dalam keadaan baik.

Apa Perbedaan Jasa Logistik dan Ekspedisi?

Jasa ekspedisi menerima pengiriman barang walaupun dalam volume serta bobot yang sedikit. Artinya, tidak ada berat minimal yang harus dipenuhi pelanggan untuk bisa mengirimkan barang dengan jasa ekspedisi. Sehingga, kamu bisa mengirimkan dokumen yang ringan sekalipun. Di sisi lain, jasa logistik hanya mengirimkan barang dalam jumlah yang besar dan berat yang besar pula. Biasanya, jasa logistik hanya mengirimkan barang yang beratnya melebihi 10 kilogram

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN