ADA BERITA APA HARI INI?

Apa itu Layanan Logistik Dan Jenisnya

UMUM
User

joshua

25 January 2023

Layanan Logistik dan Pengiriman

Layanan logistik? Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti menganggap bahwa layanan logistik sama dengan layanan pengiriman atau jasa ekspedisi. Sebenarnya hal itu tidak seratus persen salah, namun kurang tepat. Layanan logistik ini bukan hanya sekedar pengiriman barang saja, ada layanan lain yang masuk di dalamnya. Untuk mengetahui apa saja yang masuk di dalam layanan logistik, simaklah penjelasan berikut!

Layanan Logistik, apakah itu?

Dalam KBBI, layanan logistik ini adalah layanan perawatan, pengaduan, penyediaan, dan distribusi. Jadi dari pengertian ini, kamu sudah tahu kan jika layanan logistik tidak hanya mengenai layanan pengiriman saja, tetapi mencakup upaya-upaya dalam menghadirkan barang atau produk dan perawatannya. 

Dapat dibilang, jika layanan logistik ini merupakan upaya dalam mengoptimalkan kepuasan konsumen. Kamu bisa bayangkan, jika konsumen melakukan pemesanan barang atau produk melalui pre-order system, tetapi barang yang dipesan tidak kunjung datang dikarenakan terjadi masalah pada logistik, hal itu tentu membuat tingkat kepuasan pelanggan menurun. 

Jenis-jenis Layanan Logistik

Ada beberapa macam jenis layanan logistik dan tentu tidak hanya sebatas pada pengiriman. Beberapa jenis layanan logistik yang biasanya digunakan, antara lain:

1. Bongkar muat di Pelabuhan

Layanan bongkar muat ini merupakan layanan yang cukup kompleks, karena memberikan beberapa penawaran service sekaligus. Tetapi, yang menjadi layanan utama yaitu bongkar muat ke atau dari kapal. Selain itu, juga ada layanan untuk melakukan penyimpanan barang atau produk yang diturunkan dari kapal, sebelum dikirimkan ke konsumen. Layanan ini disebut cargo handling.

2. Gudang

Layanan logistik ini menyediakan Gudang guna untuk memfasilitasi penyimpanan barang atau produk sebelum dikirimkan ke konsumen atau tujuan. Jenis layanan ini tentu sangat diperlukan untuk pengiriman dengan jarak yang jauh. 

3. Kurir

Jenis layanan logistik kurir biasanya digunakan oleh pemilik bisnis online. Pemilik bisnis tidak perlu mengirimkan sendiri pesanan konsumen, sehingga hemat waktu dan sangat praktis. 

4. Kargo

Kargo biasanya digunakan untuk mengirim barang atau produk dalam jumlah yang banyak atau berukuran besar. Layanan ini biasanya menggunakan kendaraan berupa truk, kapal, pesawat terbang, atau kereta api. 

5. Layanan logistik laut

Layanan logistik ini menerima pengiriman jalur laut dengan menggunakan kapal. Layanan ini memiliki jangkauan yang luas tetapi dengan biaya yang lebih terjangkau. Layanan ini biasa disebut sea freight service. 

6. Layanan logistik udara

Sama halnya dengan layanan logistik laut, layanan ini menerima pengiriman tetapi dengan jalur udara atau disebut air freight service. Layanan ini lebih cepat jika dibandingkan layanan logistik laut. 

Dengan berbagai jenis layanan logistik yang sudah dijelaskan tadi, apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya? Jika ingin menggunakan layanan logistik, kamu bisa mencoba web Mooleh.com. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa menggunakan jenis layanan yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa mengecek biaya ekspedisinya hanya dalam 1 waktu. Dalam melakukan booking pengiriman sampai pembayaran, kamu hanya perlu satu aplikasi. Dan tentu saja kurir akan langsung pickup barang yang ingin kamu kirimkan. Mudah kan?

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN