ADA BERITA APA HARI INI?

Cari Tahu Cara Cek Ongkir Ke Luar Negeri dengan Mudah Dan Cepat Berikut Ini!

UMUM
User

joshua

26 September 2022

Hidup di zaman serba modern seperti sekarang ini, menjadikan proses pengiriman barang ke luar negeri kini semakin mudah dan cepat untuk dilakukan. Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, tahukah Anda bagaimana cara cek ongkir ke luar negeri? Jika Anda mungkin belum terlalu paham mengenai tips mengecek biaya ongkir pengiriman barang ke luar negeri, maka bisa simak informasi lengkapnya berikut ini.

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Besaran Tarif Ongkir Pengiriman Barang

Bagi seseorang yang mungkin merupakan pengguna marketplace online, tentunya sudah sangat familiar dengan yang namanya ongkir (ongkos kirim). Ya, ongkir sendiri umumnya merupakan biaya yang akan dibebankan kepada pihak pengirim barang ketika akan melakukan pengiriman barang melalui jasa pengiriman barang. Untuk besar kecilnya tarif ongkir pengiriman barang sendiri biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain sebagai berikut :

  • Ukuran Dan Berat Barang

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap perusahaan ekspedisi umumnya memiliki aturan berat dan ukuran untuk jenis barang ataupun paket yang berbeda – beda. Sebagai contoh ketika paket barang yang Anda kirimkan ternyata melebihi standar ukuran dan berat yang ditentukan, maka Anda nantinya akan dikenakan biaya tambahan. 

  • Jarak Pengiriman

Faktor yang mempengaruhi besar kecilnya tarif ongkir yakni mengenai jarak pengiriman barang. Semakin jauh jarak pengiriman barang yang Anda inginkan, maka biaya ongkir yang harus Anda keluarkan juga semakin besar. Bukan hanya itu saja, kondisi geografis antara alamat pengirim dengan alamat penerima juga bisa mempengaruhi biaya ongkir.

  • Waktu Pengiriman Barang

Umumnya, pihak jasa ekspedisi hadir dengan menawarkan berbagai pilihan layanan berdasarkan waktu pengiriman barang. Baik itu dari layanan pengiriman standar atau regular, ekspress dan berbagai layanan lainnya. Jika Anda memilih waktu pengiriman yang cepat, maka tarif ongkir yang harus dibayarkan juga semakin mahal.

  • Pajak 

Pada saat Anda akan mengirimkan barang ke luar negeri, maka perlu memperhatikan mengenai pajak / bea cukai barang yang harus dibayarkan. Pajak ini perlu dibayarkan secara terpisah, sehingga tidak dibayar bersamaan dengan ongkos kirim barang ke alamat tujuan. Agar tarif pajak yang dikenakan tidak mahal, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan pihak bea cukai negara tujuan terlebih dahulu.

Bagaimana Tips Mudah Cek Ongkir Ke Luar Negeri?

Mengetahui tarif ongkir barang memang sangat dibutuhkan demi memudahkan Anda dalam menentukan jasa ekspedisi yang tepat. Dalam hal ini, cek ongkir barang ke luar negeri bisa dilakukan dengan 2 cara yakni sebagai berikut :

  • Cek Ongkir Melalui Situs Website

Pertama, Anda bisa mengecek ongkir barang ke luar negeri lewat situs website. Disini, Anda hanya perlu mengunjungi situs jasa ekspedisi yang diinginkan untuk membantu Anda menemukan informasi mengenai paket pengiriman, biaya ongkir dan segala informasi penting yang berhubungan dengan pengiriman barang ke luar negeri.

  • Cek Ongkir Melalui Aplikasi

Selain melalui situs website jasa ekspedisi pengiriman barang, cara cek ongkir barang ke luar negeri juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi saja. Yang Anda perlukan disini adalah perangkat smartphone, aplikasi cek ongkir dan koneksi jaringan internet yang stabil. Untuk aplikasi cek ongkir barang ke luar negeri sendiri bisa Anda unduh secara gratis di Google Play Store.

Dari ulasan mengenai tips cara cek ongkir ke luar negeri di atas, Anda tentunya sudah bisa mengecek biaya ongkir yang diperlukan untuk melakukan pengiriman barang ke luar negeri tujuan, bukan? Dengan cara yang mudah dan cepat ini, maka Anda bisa mendapatkan informasi seputar biaya ongkir barang ke alamat tujuan penerima nantinya

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN