ADA BERITA APA HARI INI?

Tips Menentukan Ongkos Pengiriman

TIPS
User

joshua

25 January 2023

Ongkir Jakarta Surabaya pastinya sangat sering dicari karena Jakarta dan Surabaya menjadi salah satu kota yang juga terbilang sangat sering melakukan pengiriman barang, baik yang berskala besar maupun kecil.

Cara Menentukan Ongkos Kirim

Tidak bisa dipungkiri bahwa belanja online kini seolah tak hanya sebatas trend saja namun juga sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Hal ini tak lepas berkat adanya perkembangan teknologi yang mana secara tidak langsung turut mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Dan didalam proses atau transaksi jual beli online ini pastinya terdapat ongkos kirim.

Ongkos kirim ini akan sangat menentukan besar kecilnya keuntungan yang didapatkan pada bisnis. Jika terlalu besar ongkir yang ditetapkan, maka tentunya konsumen atau pembeli akan merasa berat dan tidak menutup kemungkinan akan mengurungkan niatnya untuk berbelanja. Hal ini seringkali terjadi dimana terkadang ketika berbelanja online nominal ongkirnya bahkan lebih besar daripada harga barang yang dibeli.

Begitu pula jika mematok ongkir terlalu kecil, maka tentunya akan merugikan penjual sebagai pengirim karena keuntungan yang didapat pastinya akan semakin kecil. Sedangkan semua bisnis tentu tujuannya adalah mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Disinilah peran adanya strategi dalam menentukan ongkir yang tepat.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika ingin menentukan nominal ongkos pengiriman.

1. Berdasarkan berat barangnya

Jika berat barang tidak penuh misalnya 1.7 kg maka bisa dibulatkan menjadi 2kg saja agar penghitungan ongkirnya lebih mudah. Namun harus disertakan dengan penghitungan dimensi barang yaitu panjang, lebar dan tinggi barang. Nantinya kedua faktor tersebut untuk menentukan besar ongkirnya.

2. Jenis Metode Pengiriman

Jasa ekspedisi saat ini sudah sangat baik karena melayani berbagai macam pengiriman, baik itu yang sifatnya standar maupun urgent. Pengirimannya juga menjangkau hingga pelosok desa dan mancanegara. Hal ini berkat adanya armada darat, laut dan udara yang digunakan untuk proses pengiriman.

Jenis metode pengiriman inilah yang akan menentukan besar kecilnya ongkos kirim. Pengiriman via udara adalah yang paling mahal karena pengiriman jauh lebih cepat dan jangkauan kirim lebih jauh atau luas. Berikutnya jalur laut bisa menjangkau hingga pelosok desa yang lokasinya terpencil dan masih sulit dijangkau dengan jalur darat. Terakhir jalur darat yang paling murah dan paling banyak digunakan.

3. Tambahan Biaya

Untuk proses pengiriman barang kadangkala membutuhkan biaya tambahan. Hal seperti ini bisa saja terjadi terutama jika dalam proses packing butuh material tambahan untuk packing seperti penambahan kardus, box atau kayu. Hal ini perlu dipertimbangkan agar bisa menetapkan ongkir yang tepat tanpa merugikan penjual namun juga tidak memberatkan pembeli.

Dengan mempertimbangkan ketiga faktor diatas maka pastinya akan semakin memudahkan anda dalam menentukan besar kecilnya Ongkir Jakarta Surabaya.

Rekomendasi Website Untuk Cek Ongkir

Diluaran sana pasti masih banyak seller yang sering mengalami kesulitan dalam menentukan ongkir. Penghitungan kalkulasi ongkir harus tepat dan akurat agar tidak merugikan pihak manapun.

Untuk bisa menentukan Ongkir Jakarta Surabaya yang tepat, maka anda bisa menggunakan website mooleh.com  yang mana sudah dikenal sebagai website sekaligus aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan harga jasa ekspedisi, melakukan booking pengiriman dan melakukan pembayaran yang tentunya juga banyak promo yang ditawarkan

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN