ADA BERITA APA HARI INI?

3 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Ekspor Barang di Indonesia!

UMUM
User

joshua

04 November 2022

Ekspor barang menjadi salah satu kegiatan yang bisa menguntungkan banyak pihak, mulai dari negara asal, negara tujuan, hingga individu. Anda harus bisa memahami pasar di luar negeri apabila ingin melakukan Ekspor barang yang sesuai dengan hukum. Banyak sekali produk-produk khas Indonesia yang menarik di mata pasar luar negeri sehingga diekspor dalam jumlah yang banyak. Berikut adalah hal yang harus Anda ketahui tentang Ekspor barang di Indonesia!

Memahami Jenis Produk Yang Akan Diekspor

Hal pertama yang sebaiknya Anda ketahui ketika akan melakukan Ekspor barang adalah memahami jenis produk yang akan diekspor. Anda harus mengetahui jenis produk yang akan dikirim termasuk dalam kategori apa sehingga bisa menyesuaikan semua dokumen yang ada dengan peraturannya. 

Klasifikasi produk menjadi hal yang sangat penting karena akan membuat proses ekspor semakin mudah. Hal ini juga berkenaan dengan negara tujuan ekspor, karena setiap wilayah memiliki prosedur dan juga peraturan yang berbeda-beda. 

Memahami jenis produk akan membuat Anda mengetahui bagaimana pengemasan produk yang sesuai sehingga proses pengiriman bisa berjalan dengan lancar. Banyak sekali hal yang akan Anda pelajari apabila Ekspor barang kali ini adalah pengalaman pertama Anda. 

Dokumen Ekspor Yang Harus Lengkap

Dokumen Ekspor barang yang harus lengkap juga sebaiknya Anda pikirkan karena hal ini berkaitan dengan lancarnya proses ekspor. Dokumen yang dibutuhkan adalah packing list yang akan menjelaskan semua hal tentang spesifikasi barang. Dokumen selanjutnya adalah commercial Invoice yang berisi data barang dan juga nilainya dalam jumlah mata uang negara tujuan ekspor Anda. Commercial Invoice sifatnya wajib dan tidak bisa Anda hindari. 

Lalu dokumen terakhir yang juga harus ada adalah bukti bayar bea keluar yang akan membuat pengiriman barang bisa sukses. Pengajuan PEB yang disetujui lalu ditambah dengan dokumen PE yang sudah dibayar sesuai tarif akan mendukung hal ini. 

Menggunakan Jasa Ekspor Terpercaya

Apabila Anda merasa banyak sekali tahapan yang harus dilalui ketika akan Ekspor barang, maka menggunakan jasa ekspor terpercaya adalah jawaban yang sangat  tepat. Anda bisa merasakan kemudahan ketika menggunakan jasa ekspor hingga produk diterima oleh alamat  tujuan. 

Anda yang masih ragu ketika  mencari jasa ekspor, mooleh.com adalah pilihan yang tepat karena Anda bisa melakukan booking online, lalu kirim atau tunggu jemputan, memeriksa email untuk pembayaran, dan Anda langsung bisa melacak pengiriman barang. 

Informasi di atas berkenaan dengan hal apa saja yang harus Anda ketahui ketika akan  Ekspor barang ke luar negeri dapat menjadi referensi. Tidak perlu merasa bingung ketika akan melakukan ekspor, karena saat ini kegiatan ekspor impor sudah dipermudah oleh negara. Ekspor barang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki pasar di luar negeri.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN