ADA BERITA APA HARI INI?

3 Perbedaan Freight Forwarding Jakarta Dengan Pengiriman Logistik

TIPS
User

joshua

03 November 2022

Saat ini mengirim barang dari satu tempat ke tempat lainnya, cukup mudah. Banyaknya jasa pengangkutan barang membuat masyarakat tidak perlu susah payah pergi ke suatu tempat untuk dapat memberikan barang kepada orang lain. Dalam penyedia jasa pengiriman terdapat beberapa jenis, diantaranya ada pengiriman logistik dan freight forwarding Jakarta.

Tentang Jasa Pengiriman

Dalam dunia bisnis, jasa pengiriman adalah salah satu hal terpenting untuk mensukseskan bisnis seseorang. Dengan adanya jasa pengiriman memudahkan para penjual mengirimkan produk mereka, hingga ke tangan konsumen dengan keadaan tanpa adanya kerusakan. Masih banyak yang belum mengetahui jika dalam industri pengiriman barang, terdapat dua jenis jasa pengiriman.

Dua jenis jasa pengiriman yang ada di industri pengiriman adalah jasa freight forwarding dan pengiriman logistik. Banyak yang tidak dapat membedakan keduanya, padahal dari kedua jenis jasa tersebut ternyata memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan dari kedua jasa tersebut?

Perbedaan Berdasarkan Pengertian

Sebagai seorang pebisnis yang cerdas, anda perlu memilih jasa pendistribusian barang yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Pengertian jasa pengiriman logistik adalah jasa pengiriman barang yang menyediakan pengiriman dengan skala kecil hingga besar dengan ongkos kirim berdasarkan berat barang, jarak yang ditempuh, dan pelayanan yang dipilih oleh pengguna. Dan lingkup pengiriman barang meliputi antar kota, antar provinsi, hingga antar pulau.

Sedangkan pengertian jasa freight forwarding Jakarta adalah jasa pengiriman barang dengan kapasitas yang besar dan banyak. Biasa digunakan sebagai kegiatan ekspor import suatu barang. Berbeda dengan pengiriman logistik, pada freight forwarding memiliki cakupan wilayah yang lebih luas, dari satu negara ke negara lainnya.

Perbedaan Berdasarkan Layanan Pengiriman

Pada pengiriman logistik layanan pengiriman hanya terdiri dari durasi pengiriman, ongkos pengiriman, jalur transportasi yang dipilih, dan jangkauan pengiriman. Dan layanan pengiriman logistik mencakup dua jenis door to door dan door to port. Sedangkan pada freight forwarding layanan yang diberikan mencakup penyewaan gudang, dokumen ekspor-import, pengurusan pajak, dan pengurusan izin lainnya. Dengan kata lain freight forwarding memiliki layanan lebih lengkap dibandingkan pengiriman logistik.

Perbedaan Berdasarkan Jumlah Muatan

Seperti penjelasan sebelumnya, pada jasa pengiriman logistik menerima muatan barang dari muatan yang berskala kecil hingga besar. Namun pada jasa logistik terdapat batasan muatan yang dapat diangkut oleh armada pengiriman, yakni tidak boleh lebih dari 10 ton. Sedangkan pada jasa freight forwarding minimal barang bermuatan 10 ton.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara freight forwarding Jakarta dengan jasa pengiriman logistik. Jangan sampai salah memilih jasa ekspedisi untuk pengiriman barangmu, dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Salah satu jasa pengiriman freight forwarding terpercaya dan termurah https://mooleh.com/ cek selengkapnya melalui website resminya

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN