ADA BERITA APA HARI INI?

7 Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal

TIPS
User

joshua

31 October 2022

Pengiriman paket saat ini telah menjadi aktivitas rutin. Namun, rupanya paket gagal kirim dapat terjadi kapan saja. Tentu saja hal menjadi cukup menyebalkan, apalagi jika Anda seorang pengusaha yang ingin barang cepat sampai ke konsumen. Jadi, apa sih penyebab percobaan pengiriman paket gagal? Simak artikel ini yuk!

Percobaan Pengiriman Yang Gagal

Percobaan dalam pengiriman paket yang gagal adalah ketika seorang kurir mencoba mengirimkan suatu barang, tetapi gagal mencapai penerima. Saat konsumen mengecek resi dan melihat statusnya, notifikasi pengiriman tidak ada. Tentu saja, kejadian ini terjadi karena berbagai alasan.

Biasanya, percobaan pengiriman akan dilakukan pada hari berikutnya. Paket mungkin belum terkirim dikarenakan berbagai alasan, seperti tertahan di kantor pengiriman, tutup pada jam kerja, penerima tidak ditemukan, atau kurir tidak melakukan pengiriman.

1. Pengiriman Paket Gagal, Karena Di Luar Jam Operasional

Penyebab paling umum adalah pengiriman tidak dapat dilakukan, karena telah melewati jam operasional. Paket tersebut kemudian disimpan di cabang kantor pengiriman, menunggu jadwal pengiriman keesokan harinya.

Hal ini dapat dikatakan wajar, karena paket sering tiba di drop point ketika sore atau malam hari. Tentu saja, kurir tidak bekerja di malam hari, jadi Anda harus menunggu paket Anda dikirim keesokan harinya.

2. Penerima Sedang Tidak Di Alamat

Kesalahan pengiriman sering terjadi, karena penerima tidak ada di alamat, sehingga kurir tidak bisa menyerahkan paket. Bahkan, terkadang ada kurir yang meninggalkan paket di area sekitar alamat, seperti menitipkan pada tetangga atau membatalkan pengiriman karena tidak ada orang yang ditemui.

Kesalahan penerima dapat menyebabkan kegagalan pengiriman. Tentu saja, Anda harus siap ketika pengiriman paket sedang menuju ke alamat. Periksa lagi notifikasi ponsel Anda untuk berita dari pengiriman Anda.

3. Alamat Tidak Ditemukan

Alamat yang tidak ditemukan dikarenakan salah ketik atau kesalahan input sistem, menyebabkan alamat menjadi tidak lengkap dan paket tidak dapat terkirim. Oleh karena itu, selalu pastikan masukkan semua informasi penerima dengan benar.

4. Penerima Menolak Paket

Percobaan pengiriman gagal juga dapat disebabkan oleh penerima yang menolak menerima paket. Hal ini sering terjadi pada sistem COD ketika barang dianggap tidak sesuai atau mengalami kerusakan. 

5. Kurir Membawa Terlalu Banyak Paket Hari Itu

Apalagi jika lokasi pengiriman jauh dan kurir tidak sempat menjangkau tempat tinggal penerima. Ini juga dapat mengakibatkan paket tidak terkirim. Dalam hal ini, status biasanya akan berubah menjadi Sudah setelah jam kerja titik drop-off, dan paket akan dikirim pada hari berikutnya.

6. Salah Alamat

Mungkin menjadi penyebab paket tidak bisa dikirim disebabkan oleh penerima paket yang memberikan alamat yang salah tanpa mengetahui atau memberi tahu pengirim paket tersebut. Atau, Anda sebagai pengirim mungkin salah mengeja alamat penerima.

7. Nomor Telepon Tidak Dapat Dihubungi

Nomor ponsel yang tidak aktif juga menjadi alasan mengapa pengiriman tidak dapat dilakukan. Merupakan tanggung jawab kurir untuk menghubungi penerima paket pada saat pengiriman. Namun, jika nomor tidak dapat dihubungi, pengiriman akan gagal karena tidak ada konfirmasi.

Ingin paket Anda sampai dengan selamat tanpa terkendala? Gunakan layanan pengiriman Mooleh.com dengan penawaran harga terbaik. Terdapat Free Pick Up untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung khusus dengan minimal pengiriman 2kg

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN