ADA BERITA APA HARI INI?

Ini Dia Cara Cek Resi Pengiriman dari Luar Negeri

TIPS
User

joshua

06 October 2022

Adanya kepentingan tertentu terkadang membuat Anda memiliki keharusan untuk melakukan pengiriman barang dari luar negeri. Mengingat jaraknya yang tidak dekat, rasa khawatir pun muncul selama perjalanan barang yang sedang dikirim. Tidak heran jika salah satu langkah yang bisa menenangkan rasa kekhawatiran tersebut adalah dengan mengecek pengiriman dari luar negeri. Namun pertanyaannya, sudahkah Anda tahu bagaimana cara cek resi pengiriman dari luar negeri?

Begini Cara Cek Resi Pengiriman Dari Luar Negeri

Penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara mengecek resi khususnya untuk barang yang dikirimkan dari luar negeri. Pasalnya, dengan mengetahuinya, maka Anda bisa dengan lega memantau perjalanan barang yang dibutuhkan. Sementara, untuk cara pengecekannya sendiri bisa langsung Anda cek di bawah ini.

  1. Membuka Website Resmi Bea Cukai

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka website resmi bea cukai di www.beacukai.go.id/barangkiriman yang merupakan webiste khusus untuk melakukan pengecekan pengiriman barang. Anda tidak perlu khawatir, website tersebut merupakan website resmi dari bea cukai Indonesia sehingga informasi yang diberikan juga pastinya valid dan akurat. Nah, selanjutnya, Anda tinggal melanjutkan ke tahap berikutnya yang dijelaskan di bawah.

  1. Memasukkan Nomor Tracking 

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan memasukkan nomor tracking atau consignment note atau resi atau airway bill (AWB). Pastikan nomor yang Anda masukkan benar sehingga tidak akan terjadi kesalahan informasi terkait pengiriman barang dari luar negeri yang Anda butuhkan. Anda bisa mengecek ulang ketika sudah memasukkan nomor tracking untuk menghindari kesalahan atau kekeliruan dalam cek resi pengiriman dari luar negeri.

  1. Memasukkan Keycode Yang Sesuai Pada Layar

Setelah Anda memasukkan nomor tracking dengan benar atau sesuai, maka langkah ketiga yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan keycode sesuai dengan layer di depan Anda. Pastikan juga dalam memasukkan keycode Anda tidak melakukan kesalahan pengetikan sehingga proses pengecekan juga bisa dilakukan dengan lancar.

  1. Klik Submit

Nah, usai Anda memasukkan keycode dengan baik dan benar sesuai yang tertera pada layer, maka langkah berikutnya tinggal melakukan submit dengan cara klik perintah submit yang ada di layer. Hal ini merupakan langkah lanjutan sebelum Anda mengetahui dengan detail informasi pengiriman barang dari luar negeri yang dimaksud.

  1. See Details Untuk Melihat Proses Pengiriman Barang

Barulah setelah Anda klik submit Anda bisa klik see details supaya bisa melihat perjalanan pengiriman barang yang dibutuhkan. 

Jangan khawatir, sebagaimana yang disinggung sebelumnya, bahwa informasi pengiriman barang yang Anda peroleh dari tracking barang melalui situs bea cukai Indonesia merupakan informasi yang valid sehingga bisa dipercaya keabsahannya. Sementara, untuk bentuk informasi yang diterima terkait barang bisa berupa beberapa hal di bawah ini.

  1. Dokumen diterima untuk diproses
  2. Konformasi atau menunggu kelengkapan berkas
  3. Barang selesai

Anda bisa melakukan pengiriman atau pengecekan dari rumah sehingga bisa dikatakan cukup praktis. Lantas, bagaimana ketika barang yang dikirim dipungut bea cukai atau pajak akibat aktivitas impor? Jangan khawatir, di tengah kondisi pandemi yang membuat Anda bisa tracking barang yang dikirim dari rumah, Anda juga bisa membayar pajak tersebut dengan lebih praktis jika memang ada.

Artinya, ketika dipungut biaya, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kode billing menuju rekening negara sehingga diperlukan kehati-hatian dalam setiap tindakan yang Anda lakukan dalam pengiriman. Itulah beberapa pembahasan seputar cek resi pengiriman dari luar negeri yang perlu Anda ketahui

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN