ADA BERITA APA HARI INI?

Apa Sebenarnya Layanan Pengiriman Barang LCL Itu?

TIPS
User

joshua

09 May 2023

Penggunaan jargon LCL adalah hal yang biasa dalam bidang ekspor, impor dan pengiriman barang. Secara sederhana LCL merupakan singkatan dari Less Container Load. Layanan ini sering diberikan oleh perusahaan kargo dan logistik. Jika ingin menggali lebih banyak seputar LCL ini, ada baiknya baca dulu artikel berikut!

Definisi LCL

Secara sederhana, LCL dapat dijelaskan sebagai layanan pengiriman yang menyatukan barang kiriman dari berbagai pengirim lain dalam satu container. Menggunakan system ini, barang kiriman yang dikirim hanya membutuhkan satu container saat diletakan pada kargo kapal atau pesawat yang mengirimnya.

Umumnya layanan LCL digunakan oleh perusahaan pengiriman untuk mengangkut barang kecil yang tidak sensitif. Barang – barang yang aman dicampur bersama dengan banyak barang lain tentu lebih murah jika dikirim menggunakan system ini.

Layanan murah ini membuat pengiriman hanya menghitung volume ruang yang digunakan dalam container. Tidak perlu lagi mengurus satu container penuh hanya untuk kirim barangnya. Berbagi ruang dengan perusahaan pengirim lain tentu tidak masalah selama dapat menghemat biaya pengiriman ekspor.

Kelebihan LCL

Dari definisi di atas, Anda sudah bisa membayangkan kelebihan LCL yang dapat menghemat biaya pengiriman. Namun, kelebihan LCL lebih luas lagi. Sistem LCL adalah pilihan yang dapat membantu dari banyak segi logistik. Ingin tahu apa saja kelebihan lain tersebut? Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Cocok untuk pengiriman barang ukuran kecil dan portable. Barang kecil tidak akan makan banyak ruang pada container dan mampu dikirim lebih hemat dengan metode LCL.
  • Harga relatif lebih stabil karena hanya fokus pada ruangan yang digunakan dalam container. Sedangkan biaya pengiriman tanpa LCL akan tergantung harga sewa container saat itu.
  • LCL memiliki tanggal pengiriman dan penerimaan yang fleksibel. Karena bisa menyatu keberangkatannya dengan barang lain selama masuk dalam container.
  • Cocok untuk perusahaan kecil atau pengiriman perorangan. LCL jelas lebih mendukung pengirim volume kecil dengan budget terbatas karena tidak perlu pikirkan sewa container.

Kelebihan – kelebihan tersebut membuat layanan LCL banyak digunakan. Tentu saja tiap perusahaan ekspor akan membutuhkan layanan yang berbeda. Namun, untuk kebutuhan murah, fleksibel dan ramah untuk volume kecil, LCL adalah pilihan yang lebih tepat.

Layanan Pengiriman Ekspor Yang Menguntungkan

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda sudah tahu bahwa LCL adalah opsi pilihan pengiriman yang murah. Jika Anda merupakan perusahaan yang butuh ekspor ke luar negeri, menggunakan sistem layanan ini pasti menghemat budget.

Salah satu perusahaan kargo pengiriman yang gunakan sistem layanan ini adalah Mooleh. Mereka sudah veteran di industri soal pengiriman dari Indonesia ke seluruh dunia. Jadi, bagi pemegang usaha yang ingin fokus ekspor, layanan Mooleh.COM ini bisa membantu Anda

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN