ADA BERITA APA HARI INI?

Cara Penulisan Alamat Surat Yang Benar Adalah Dalam Pengiriman

TIPS
User

joshua

23 January 2023

Dalam mengirim barang, tips dan cara tepat untuk penulisan alamat surat yang benar adalah hal penting yang harus diketahui. Oleh karena itu, jika Anda memang sering berhubungan dengan masalah pengiriman barang tidak ada salahnya untuk mencoba memahami cara-cara tersebut dan mengikutinya.

Tips Menulis Alamat Surat 

Saat Anda ingin mengirim surat atau barang, tata cara penulisan alamat surat yang benar adalah sebagai berikut:

1. Tulis Nama Pengirim dan Penerima

Yang pertama harus diingat dan langsung ditulis adalah menulis nama, baik nama Anda sebagai pengirim khususnya nama penerima yang akan dituju.

2. Tulis Alamat Sangat Lengkap

Ini pun juga bagian utama dari penulisan alamat, yaitu menulis alamat yang sangat lengkap mulai dari nama jalan, nomor, nama dusun atau desa hingga kode pos yang berlaku serta Kecamatan dan Kabupatennya.

3. Tambahkan Nomor Telepon Penerima dan Pengirim

Selain nama, lampirkan juga nomor telepon atau ponsel yang bisa dihubungi baik nomor penerima dan juga pengirim. Tujuannya adalah untuk bisa menghubungi si penerima saat tidak ditemukan alamat oleh kurir.

4. Berikan Petunjuk Jelas

Saat menuliskan alamat, jika diperkirakan posisi alamat agak kurang jelas Anda bisa menambahkan petunjuk sebagai patokan yang jelas dari alamat yang dituju.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengirim Paket

Ada juga beberapa fakta yang harus diketahui dalam hal melakukan penulisan alamat surat yang benar adalah beberapa hal yang harus dilakukan. Diantaranya:

1. Mengemas Dengan Rapi 

Dalam melakukan pengiriman, Anda tentunya harus melakukan pengemasan yang rapi dan benar.

2. Pilih Ekspedisi Terpercaya

Setelah yakin kemasan sudah rapi dan siap dikirim, maka saatnya memilih ekspedisi untuk melakukan pengiriman. Di mana ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih ekspedisi yang bisa dipercaya agar barang yang Anda kirim aman sampai tujuan.

3. Tambahkan Asuransi

Untuk menambah keamanan barang Anda, maka tambahkan asuransi barang untuk menjamin barang bisa aman untuk dikirim dan akan ada pertanggungjawaban jika terjadi sesuatu pada barang tersebut.

4. Simpan Nomor Resi

Setelah mendaftarkan barang untuk dikirim di ekspedisi, nantinya akan keluar nomor resi sebagai bukti barang sudah terdaftar. Simpan nomor resi tersebut sebagai cara untuk mencari tahu lokasi barang nantinya.

Cara Mengetahui Posisi Pengiriman Barang

Saat Anda menunggu informasi mengenai barang yang Anda kirim ke sebuah alamat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan selain penulisan alamat surat yang benar adalah pengecekan posisi barang tersebut. Adapun caranya adalah:

  1. Mengecek Nomor Resi
  2. Sesuaikan Alamat
  3. Masukkan Nomor Resi ke Pencarian
  4. Tampil Status Barang

Itulah beberapa fakta mengenai penulisan alamat surat yang benar adalah sesuatu yang harus diketahui dengan jelas. Dengan begitu, barang yang akan dikirim bisa sampai dengan aman dan selamat

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN