ADA BERITA APA HARI INI?

Inventory Control Adalah Proses Pengecekan Stock Barang Yang Perlu Dipersiapkan

UMUM
User

joshua

08 May 2023

Pengertian Inventory Control

Inventory control adalah pengawasan yang berkaitan dengan alat penyimpanan atau persediaan barang. Inventory control menjadi hal yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Melalui inventory control perusahaan akan sangat terbantu dengan manajemen yang baik pada persediaan produk. Dengan demikian tingkat kepuasan konsumen meningkat dan tercapai sesuai target.

Dalam dunia bisnis proses inventory control dilakukan dengan memaksimalkan penyimpanan persediaan stock. Pada pelaksanaannya perusahaan akan mencatat keluar dan masuknya barang secara kolektif dan terperinci sehingga persediaan selalu terkontrol dengan baik.

Ketika dilakukan inventory control maka seluruh pengeluaran akan terorganisir dengan baik. Pada perusahaan inventory control akan dibebankan kepada supervisor dan staff yang ditugaskan.

Tugas Inventory Control

Dalam dunia industri inventory control memiliki tugas – tugas sebagai berikut :

1. Menghitung Seluruh Jumlah Stock Yang Disediakan Di Gudang

Tugas inventory control pada tahap awal akan dilakukan penghitungan terhadap stock barang yang ada di gudang. Hal ini menjadi tugas utama yang seorang inventory control yakni melakukan pengamanan stok barang. Seluruh barang yang telah dihitung kemudian akan direkap sebaik mungkin secara rinci.

2. Melakukan  Pengecekan Data Stock Barang

Apabila seluruh barang telah dilakukan pengecekan maka data yang telah direkap akan langsung dicek persediaanya. Seluruh data akan disesuaikan pada persediaan barang di gudang. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kekurangan barang di saat permintaan pasar meningkat, Ketika barang memiliki stock yang sedikit maka dapat dilakukan pengiriman barang menggunakan Mooleh.com.

3. Melakukan Pengecekan Secara Berkala

Pengecekan stock barang dilakukan secara berkala, artinya dibutuhkan pengecekan secara rutin. Misalnya selama 2 kali dalam sebulan. Pendataan secara berkala ini bertujuan untuk mengetahui stock barang yang tiba – tiba habis dalam periode pertengahan.

4. Membuat Laporan Persediaan Barang

Seluruh tahapan pelaksanaan inventory control akan dibuat dalam bentuk laporan yang diserahkan kepada supervisor. Laporan ini akan menyajikan beberapa data, seperti : data vendor, hasil penjualan barang, distribusi barang serta data – data lain yang berkaitan tentang persediaan barang. Data ini kemudian akan dipertanggung jawabkan kepada pimpinan perusahaan melalui manager yang ditugasi kewajiban tersebut.

Kegunaan Inventory Control

Di sebuah perusahaan yang berkembang, inventory control akan memiliki banyak fungsi yang sangat membantu perusahaan dalam memanage pengeluaran. Berikut beberapa fungsi inventory control yaitu:

  1. Inventory control dapat mencegah berbagai keterlambatan pengiriman barang dan persediaan barang pada sebuah perusahaan.
  2. Memastikan barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan persediaan perusahaan.
  3. Inventory control dapat mengantisipasi kenaikan harga secara tiba – tiba sehingga merugikan perusahaan,
  4. Persediaan stock barang dapat memberikan keuntungan yang besar ketika barang habis terjual dengan harga yang tetap normal.
  5. Persediaan stock barang yang dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan permintaan konsumen. 

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN