ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Apa Itu Shipping Dan Dokumen Yang Diperlukan

TIPS
User

joshua

02 March 2023

Jika anda sedang menjalani bisnis online, tentunya istilah shipping sudah menjadi hal yang tidak akan asing lagi di telinga. Pasalnya, ketika sedang melakukan kegiatan ini, shipping telah menjadi bagian sangat penting yang tidak dapat untuk dilewatkan. 

Maksud apa itu shipping sendiri merupakan pengiriman dari penjual kepada pembeli. Tapi memang dalam shipping tidak hanya sekedar untuk mengirim dan menerima saja, karena masih ada hal-hal lain yang perlu anda perhatikan seperti dokumen penting. Sebelum lanjut ke dokumen yang diperlukan, anda perlu mengetahui arti shipping lebih lengkap dulu,

Pengertian Dari Shipping

Apa itu shipping? Pengertian shipping sendiri merupakan suatu proses pengiriman barang dari gudang sampai ke tempat tujuan. Shipping sendiri akan dilakukan dengan berbagai proses, mulai dari ketika menyiapkan sampai dengan mengirimkan barang ke tangan penerima. Fungsi shipping sendiri diketahui adalah untuk membuat kegiatan pengiriman barang dapat menjadi lebih efektif juga efisien. Adapun berikut ada beberapa istilah shipping dari dua perspektif berbeda yang akan disesuaikan dengan jenis kegiatannya,

Pengertian Shipping Dalam Ekspor Dan Impor

Awalnya, shipping sendiri adalah salah satu istilah khusus digunakan pada kegiatan ekspor dan impor. Namun, istilah satu ini sekarang telah mengalami pergeseran makna serta dapat diartikan atau digunakan dengan lebih luas lagi. Pada kegiatan ekspor serta impor, pengertian shipping adalah suatu pengiriman barang yang akan dilakukan dengan tiga jalur, yaitu jalur darat, laut, serta udara. 

Pengertian Shipping Dalam Bisnis Online

Karena adanya Perkembangan teknologi, hal itu telah membuat istilah apa itu shipping menjadi semakin sering digunakan pada kegiatan yang lebih sederhana, salah satunya seperti bisnis online. Walaupun memang akan tetap diartikan sebagai pengiriman, pada hal ini, proses shipping akan jauh lebih singkat daripada ketika melakukan ekspor serta impor. Bagi pemilik online shop, pengertian shipping merupakan suatu pengiriman barang dari penjual sampai ke pembeli.

Dokumen Yang Harus Disiapkan Saat Shipping

Ketika melakukan shipping, tentu anda akan memerlukan dokumen pendukung yang dapat mendukung proses ini berjalan aman dan lancar. Nah, Berikut terdapat beberapa dokumen yang perlu disiapkan ketika shipping,

1. Resi Gudang

Resi gudang sendiri merupakan tanda bukti jika barang sudah diterima dari pengirim. Isinya akan mencakup semua informasi yang penting mengenai barang yang akan dikirim, termasuk berupa karakteristik, ukuran, berat, sampai dimensinya.

2. Faktur

Faktur merupakan suatu dokumen bukti jika telah terjadi transaksi antara eksportir serta importir. Dokumen Ini merupakan tanda bukti yang penting, apalagi jika melakukan transaksi internasional.

3. Resi Mualim

Jika melakukan shipping lewat laut, resi mualim merupakan salah satu dokumen tanda terima barang dari atas kapal yang berisi sesuai dengan bagaimana keadaan aslinya.  Resi ini akan ditandatangani mualim serta akan digunakan untuk Bill of Lading (B/L)

4. Bill of Lading

Bill of Lading atau biasanya sering disingkat dengan B/L, adalah suatu bukti tanda terima dari layanan pengiriman. B/L ini akan berisi perjanjian antara pengirim serta pengangkut barang, dan juha bukti dari kepemilikannya.

5. Manifest

Dokumen ini adalah kumpulan dari B/L yang berisi semua daftar penumpang, barang kargo, awak kapal, pesawat udara, maupun kendaraan lainnya.

6, Packing List

Dokumen satu ini akan berisi semua Informasi tentang barang yang dikirim, termasuk tentang volume dan beratnya. Setiap informasi barang yang dikirim akan dicatat dengan rapi dan juga lengkap.

7. Storage Plan

Sedangkan Dokumen ini akan berisi gambaran dari pemuatan barang yang sedang diangkut pada kapal maupun kendaraan yang lain.

Lantas, setelah mengetahui apa itu shipping dan dokumen yang diperlukan, anda pasti akan mencari ekspedisi yang cocok digunakan untuk mengirim suatu barang. Nah, tentunya anda dapat menggunakan Mooleh.com sebagai pihak ekspedisi yang akan membantu mengirim barang anda dengan aman dan dapat dipercaya. Selain itu anda juga bisa melakukan pengiriman dengan mudah hanya dengan handphone melalui Mooleh Apps

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN