ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Ekspedisi, Arti Kurir, Dan Tanggung Jawabnya

TIPS
User

joshua

31 October 2022

Di zaman serba digital hingga belanja sudah beralih ke dunia maya atau yang lebih dikenal online shop, dalam hal ini kurir memiliki pernah penting. Ya, dikarenakan membeli barang secara online tidak akan sampai di tangan tanpa adanya kontribusi dari kurir. Terlebih sekarang sistem belanja online juga ada sistem COD bayar di tempat, di mana kurir berperan besar dalam pembayaran. Agar barang sampai di tangan konsumen di tangan pun kurir penentunya. Jadi, apa arti kurir untuk Anda? 

  • Apa Itu kurir? 

Kurir memang tidak asing di pendengaran, ini merupakan salah satu sebutan untuk profesi. Di mana kurir merupakan kegiatan pengiriman barang yang dilakukan secara langsung, umumnya ini merupakan pekerjaan mengantar barang. Kurir pun menggunakan kendaraan berupa sepeda motor atau mobil guna mengirimkan barang lebih cepat. Pekerjaan mengantar barang ini biasanya ada di perusahaan ekspedisi. 

Kini, di Indonesia pun sudah banyak perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman barang. Semakin banyak bisnis online shop di aplikasi toko online maupun akun media sosial, semakin banyak pula ekspedisi yang berdiri. Di antara banyaknya perusahaan ekspedisi ini, pada dasarnya mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada banyak perusahaan ekspedisi di Indonesia, salah satunya Mooleh yang menjadi jasa pengiriman ekspor dan impor termudah di Indonesia. Setelah mengetahui arti kurir, tentu harus memahami juga apa tugas dan tanggung jawab mereka, dong! 

  • Tugas Serta Tanggung Jawab 

Sebagai kurir, tentu lingkup pekerjaannya mulai dari menjemput paket yang masuk ke kantor, lalu mengirimnya ke penerima. Selain itu, kurir juga harus memastikan konsumen mendapatkan pesanannya on time atau tepat waktu. Kemudian, kurir harus melakukan pemeriksaan dan menyesuaikan data dengan dokumen yang disediakan di paket. Berikut pekerjaan lebih detailnya:

  1. Mengirim barang ke alamat serta penerima yang sesuai
  2. Mendata status pengiriman barang sehingga bisa dipantau
  3. Memastikan batang masih dalam keadaan aman sampai ke tangan penerima
  4. Melakukan serta menaati SOP perusahaan yang berlaku
  5. Menjaga data penerima serta pengiriman barang agar tetap aman di label
  6. Apabila ada pesanan COD kurir harus menerima pembayaran dan transaksi secara langsung
  7. Menyerahkan data serta laporan hasil pengiriman ke perusahaan. 
  • Kualifikasi Untuk Pekerjaan Kurir

Kebutuhan akan tenaga kerja sebagai kurir semakin meningkat sejak beralihnya belanja ke ranah digital, yaitu online shop. Bahkan, profesi ini banyak diburu karena kemudahan dan keuntungan bekerja di perusahaan ekspedisi. Dalam hal ini, perusahaan ekspedisi pun menetapkan beberapa kualifikasi untuk pekerjanya. Menariknya, tidak ada minimal tingkat pendidikan, tidak perlu lulusan sarjana maupun bangku sekolah untuk mendaftarkan diri menjadi kurir. 

Hanya dengan SIM C ataupun A sesuai kendaraan yang digunakan nantinya, Anda bisa mendaftar menjadi kurir. Keahlian utama yang diperlukan untuk pekerjaan ini adalah bisa mengendarai sepeda motor atau mobil. Nah, setelah mengetahui arti kurir hingga kualifikasinya apakah Anda tertarik untuk menjadi kurir?

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN