ADA BERITA APA HARI INI?

Pentingnya Mengenal Apa Itu Fasilitas Logistik, Jenis Dan Manfaatnya

UMUM
User

joshua

25 January 2023

Dalam menjalankan kegiatan sebuah bisnis, fasilitas logistik termasuk salah satu hal yang sangat diperlukan, sebab fasilitas logistik ini semacam tempat pengoperasian dari seluruh kegiatan bisnis tersebut. Nah selanjutnya mari kita ulas apa itu fasilitas logistik? dan apakah Pentingnya mengenal apa itu fasilitas logistik, jenis dan manfaatnya bagi pelaku bisnis?

Apa Itu Fasilitas Logistik

Fasilitas logistik adalah suatu tempat untuk menjalankan seluruh kegiatan suatu bisnis, yakni pusat operasional bisnis. Mulai dari perencanaan pengadaan barang, gudang penyimpanan barang, perawatan, pengemasan sampai pada pendistribusian barang. Nah, dari pengertian tersebut kita pahami bahwa fasilitas logistik ini salah satu pokok pondasi bagi suatu bisnis, baik bisnis kecil maupun bisnis besar.

Jenis-Jenis Fasilitas Logistik

  1. Pelayanan pelanggan

Pelayanan pelanggan merupakan suatu jenis fasilitas logistik yang bersifat sikap yang harus diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis. Karna tujuan bisnis salah satunya adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan, dan pokok penentu bisnis anda berjalan konsisten adalah suatu pelayanan yang baik, bijak dan responsif.

  1. Pusat operasional

Pusat operasional adalah pengadaan bahan baku lalu yang akan diolah menjadi barang jadi.

  1.  Gudang penyimpanan barang

Yaitu gudang penyimpanan bahan baku dan gudang penyimpanan bahan jadi. Biasanya keduanya dibedakan agar tidak terjadi kerusakan pada bahan jadi.

  1. Fulfilment

Fulfilment ini adalah suatu jenis gudang tempat sementara barang sebelum dipasarkan, di dalam gudang ini barang yang ada akan dikelola, diawasi dan dikemas dengan baik lalu dipasarkan. Gudang jenis ini sering digunakan oleh pebisnis online shop, demi menata rapi barang sebelum dikirimkan kepada konsumen.

  1. Cross Docking

Cross doking adalah jenis gudang tempat loading barang yang akan dikirim, sebelum pengiriman semua barang dipilah dan ditata kembali dimuat sesuai tujuan.

  1. Sortir

Sortir adalah suatu jenis gudang penyimpanan barang yang sudah sampai ke tempat tujuan, kemudian semua barang ditinjau ulang, dikemas dan selanjutnya disebarkan kepada konsumen.

Manfaat Fasilitas Logistik

  • System fasilitas logistik memiliki tujuan berjalannya kegiatan utama bisnis, yakni perencanaan pemenuhan kebutuhan konsumen. Segala bentuk operasionalnya diatur, diawasi dan di jaga agar terciptanya saling percaya dan saling menguntungkan bagi pelaku bisnis dan pelanggannya.
  • Manfaat bagi pelaku bisnis, tentunya terciptanya lapangan pekerjaan, prestasi dan kepercayaan masyarakat terhadap prestasi operasional bisnis.
  • Manfaat bagi pelanggan atau masyarakat, membantu masyarakat  pengiriman untuk memenuhi kebutuhannya, mulai pengadaan, pengemasan dan pengiriman barang secara cepat, tepat dan aman sesuai permintaan.

Nah, itu uraian penjelasan tentang Pentingnya mengenal apa itu fasilitas logistik, jenis dan manfaatnya, anda tidak perlu khawatir dengan bisnis yang akan anda jalankan. Anda dapat memaksimalkan bisnis anda dengan mengenal dan menjalankan fungsi-fungsi fasilitas logistik diatas sebagai kunci berhasilnya kegiatan bisnis anda.

Jika anda ingin mengembangkan bisnis anda, Saya sarankan untuk anda gunakan Mooleh yang hadir sebagai aplikasi kirim barang ekspor impor. Pelayanan berkualitas siap membantu dan memuaskan anda, Manfaatkan banyak fitur-fitur yang ada, saya yakin anda akan mendapatkan tujuan bisnis anda disini. Silahkan cek web Mooleh.com, yuk download aplikasinya.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN