ADA BERITA APA HARI INI?

Sistem Cash On Delivery Artinya Bayar Saat Barang Datang

UMUM
User

joshua

06 March 2023

Bagi Anda yang sering belanja online menggunakan marketplace Mooleh.com tentu tak asing dengan istilah pembayaran COD ya?

Cash on delivery artinya tunai saat penerimaan barang datang dengan melihat segala kondisi barang tersebut. COD sendiri telah ramai digunakan dalam semua pembayaran online. 

Tujuannya untuk meringankan pembeli ketika tidak memiliki aplikasi dompet digital, aplikasi m-banking di ponselnya. COD yang dibayarkan setelah barang datang ke kurir ekspedisi.

Mengapa Pembayaran Bayar COD Lebih Mahal Dibandingkan Dengan Transfer?

COD artinya bayar tunai di saat barang datang, pihak marketplace yang menyediakan sistem COD akan bekerja sama dengan pihak ekspedisi dan biasanya ada tambahan biaya per transaksi COD sebesar Rp. 1000 hingga Rp. 2000. Hal ini sebagai bentuk konsekuensi dari jasa pengiriman tunai atau cash yang mengandung resiko. Terkadang kasus COD yang terjadi seperti barang datang tapi konsumen enggan membayar, konsumen tidak mengakui adanya pesanan. Maka, pihak kurir ekspedisi akan kehilangan waktu dan uang dengan hal tersebut. 

Hitungan Bayar Dengan COD

Berbeda dengan transfer toko online yang tidak ada biaya tambahan lagi, mungkin hanya ada biaya aplikasi sebesar Rp. 300 hingga Rp. 500 per paket. Sistem transfer nantinya langsung masuk ke rekening penjual atau marketplacenya. Konsumen tinggal menunggu paket datang tanpa membayar biaya apapun.

COD sistem kerjanya 2 poin yakni membayar harga ekspedisi dan membayar harga barang. Sebenarnya jika dihitung dengan kenikmatan COD tentu COD termasuk pembayaran mudah, cepat, aman dan hemat. Contih, harga barangnya adalah Rp. 46.000 dengan sistem COD biaya Rp.1000 dan aplikasi Rp. 500, biaya ongkir Rp. 11.000 maka total yang harus Anda bayarkan ke kurir adalah:

= Rp. 46.000 + Rp. 1000 + Rp. 500 + Rp. 11.000

= Rp. 58.500

Itulah biaya keseluruhan yang harus konsumen bayarkan. 

Kemanakah Uang COD Dari Konsumen, Apakah Bisa Sampai Ke Penjual?

Setelah uang Anda bayarkan ke kurir ekspedisi maka kurir bertanggungjawab memasukkan data bukti uang ke aplikasi matketplace yang bekerja sama dengan ekspedisi. Semua uang COD terkumpul kemudian dimasukkan ke rekening bank marketplace untuk dicairkan atau ditransferkan ke rekening penjual. Nah, butuh waktu paling lama 10 hari dari pengiriman uang ke rekening penjual. Hal itu didasarkan pada status dan review konsumen terhadap barang, jika barangnya sudah sampai maka segeralah Anda klik kolom “barang diterima” kemudian berikan ulasan. Anda diberikan waktu maksimal 2x24 jam untuk melakukan hal tersebut atau sistem akan bekerja otomatis memberikan ulasan bintang 5. 

COD membantu pembayaran Anda ketika kondisi sedang tidak memungkinkan seperti hanya ada uang tunai, tidak memiliki aplikasi dompet digital, repot dengan kegiatan di rumah dan sebagainya

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN