ADA BERITA APA HARI INI?

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Jasa Pengiriman Kargo Secara Aman

TIPS
User

joshua

13 October 2022

Ketika Anda belanja barang secara online, atau mengirim barang dalam skala kecil, maka layanan jasa yang biasanya digunakan adalah jasa ekspedisi. Tapi lain halnya ketika Anda mengirim barang dalam skala besar atau banyak. Maka kali ini, Anda akan menggunakan jasa pengiriman kargo. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan penyedia jasa yang satu ini, seperti :  

Kemas Barang Dengan Baik Sebelum Dikirim Melalui Jasa Pengiriman Kargo

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan, sebelum mengunjungi jasa pengiriman kargo tersebut, yaitu pengemasan barang atau packaging. Hal ini penting agar barang yang akan dikirim menggunakan kargo aman.

Dalam hal ini, Anda perlu mengenal barang yang akan dikirim dan jenis kemasan yang sesuai dengan jenis barang itu sendiri, seperti barang yang terbilang riskan terkena benturan, atau yang kuat ketika terkena benturan.

Adapun jenis kemasan yang dapat Anda gunakan, antara lain kardus, kertas, kotak kayu, bubble wrap, atau yang lainnya. Apabila Anda dapat membungkus barang tersebut sendiri, sedikit banyak hal tersebut dapat menekan tarif pengiriman. Karena tidak lagi menggunakan jasa pengemasan, yang ditawarkan oleh jasa kargo barang.  

Ukur Dan Timbang Barang Di Jasa Pengiriman Kargo

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan jasa pengiriman kargo, yaitu mengukur dan menimbang barang yang akan dikirim. Cara mengukurnya juga mudah, hanya perlu mengukur volume kemasan barang, seperti tinggi, lebar dan panjang dus yang akan digunakan. Berikutnya timbang juga barang yang akan dikirim, menggunakan timbangan.

Pengukuran dan timbang barang ini penting Anda lakukan, untuk mengetahui kisaran biaya pengiriman, dan armada transportasi apa yang akan digunakan kelak.

Jangan Lupa Beri Label Pada Kemasan Sebelum Dikirim Ke Jasa Pengiriman Kargo

Apabila barang yang akan Anda kirimkan nanti termasuk jenis barang pecah belah, atau mudah bocor, rentan rusak, atau barang dengan penanganan khusus lainnya. Maka yang sebaiknya Anda lakukan adalah memberi catatan khusus di kemasan barang.

Dengan adanya informasi seperti ini, sudah pasti, pihak jasa pengiriman akan melakukan pengamanan ekstra untuk barang yang akan dikirim tersebut. Misalnya saja ketika membawa barang, atau bahkan meletakkannya secara terpisah, dengan barang lainya, guna meminimalisir resiko.  

Pastikan Jasa Pengiriman Kargo Menyediakan Jaminan Atau Garansi

Satu lagi hal yang jangan lupa Anda cek, sebelum mengunjungi jasa pengiriman kargo adalah memastikan bahwa penyedia jasa yang dimaksud, menyediakan jaminan atau garansi. Baik itu garansi produk sampai ke lokasi tujuan, juga garansi produk aman selama perjalanan.

Akan lebih baik, jika barang yang dikirim termasuk benda berharga, berikan layanan asuransi pada barang tersebut. Dimana biasanya beberapa jasa kargo juga menyediakan layanan asuransi, untuk barang yang akan dikirim.

Tujuan dari layanan garansi dan asuransi tersebut, tidak lain untuk memberikan perlindungan ekstra pada barang yang akan dikirim. Serta memberikan rasa aman pada diri Anda sebagai pihak pengirim agar barang yang dikirim, nantinya sampai secara aman ke lokasi tujuan.  

Gunakan Fitur Tracking Yang Disediakan Oleh Jasa Pengiriman Kargo

Saat ini sudah banyak jasa pengiriman kargo yang menyediakan fitur tracking. Ini salah satu fitur yang perlu Anda perhatikan dan gunakan dengan baik. Adanya fitur yang satu ini, membuat Anda, mudah melacak keberadaan barang yang sedang dikirim tersebut.

Cara menggunakan fitur tracking ini sangat mudah, cukup menggunakan nomor resi saja. Tidak hanya Anda sebagai pihak pengirim atau seller, namun pihak penerima barang atau pihak konsumen juga dapat melacak keberadaan barang yang sedang dikirim tersebut.

Jadi bagi Anda yang saat ini akan menggunakan jasa pengiriman kargo, untuk mengantar barang. Tentunya ulasan di atas, perlu Anda perhatikan dengan baik. Tujuannya agar barang yang dikirim aman (baik selama dalam perjalanan hingga ke tujuan), biaya kirim terjangkau, dan pastinya barang sampai ke tujuan.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN