ADA BERITA APA HARI INI?

5 Tips Kirim Barang Ke Luar Negeri, Jangan Sampai Keliru

TIPS
User

joshua

26 September 2022

Bagi pemilik bisnis yang mulai merambah pasar global, kamu wajib tahu regulasi kirim barang ke luar negeri. Berbeda dari pengiriman domestik, pengiriman mancanegara membutuhkan persiapan yang lebih matang. 

Jangan sampai konsumenmu di luar negeri kecewa karena pengiriman yang tidak memuaskan. Sebab itulah, sebelum merambah ke pasar internasional, kamu harus tahu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan. Dengan begitu, barang akan sampai ke tempat tujuan secara aman dan tepat waktu.

Tips Mengirim Barang Ke Luar Negeri Secara Aman

Tidak sedikit pemilih bisnis online yang kebingungan ketika mengirim barang ke luar ngeri. Akibatnya, persiapan kurang matang dan mengalami kendala pada proses pengirimannya. Untuk itu, simak tips berikut ini agar proses pengiriman ke luar negeri bisa berjalan lancar.

  1. Cari Tahu Regulasi Di Negara Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu regulasi di negara tujuan. Beberapa negara menerapkan pembatasan jumlah dan larangan pengiriman barang tertentu. Oleh karenanya, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang regulasi di negara yang akan kamu tuju. Jika ada teman atau kerabat yang pernah mengirim barang ke luar negeri, khususnya ke negara yang akan kamu tuju, tak ada salahnya meminta bantuan kepada mereka.

  1. Perhatikan Kelengkapan Dokumen

Pengiriman ke luar negeri tentunya lebih rumit daripada pengiriman domestik. Ada sejumlah dokumen yang harus kamu siapkan untuk pengiriman tersebut, mulai dari dokumen untuk asuransi, bea cukai, dan lain sebagainya. Ketika dokumen sudah lengkap, maka pengiriman akan lebih aman dan barangmu tidak akan tertahan di bea cukai.

  1. Packing Dengan Benar Dan Aman

Selain regulasi dan kelengkapan dokumen, kamu juga harus memperhatikan packaging-nya. Agar barang tetap aman selama proses pengiriman, tambahkan kardus dan bubble wrap yang benar pada kemasannya. Dengan begitu, barang tidak akan mudah rusak ketika terbentur.

Selain penggunaan kardus dan bubble wrap, pertimbangkan pula penggunaan peti kayu. Namun, packaging dengan peti kayu biasanya memakan biaya yang lebih mahal. Kendati demikian, packaging semacam ini jauh lebih aman.

  1. Periksa Kualitas Produknya

Sebelum kirim barang ke luar negeri, kamu juga perlu mengecek kualitas produknya. Jangan sampai barang yang dikirim dalam kondisi cacat. Kualitas produk yang terjaga akan membuat konsumen lebih respek terhadap bisnis kamu. Selain itu, kualitas produk juga menentukan keloyalan konsumen. Jika konsumen merasa cocok dan puas dengan produk yang kamu jual, bukan tidak mungkin mereka melakukan repeat order.

  1. Gunakan Jasa Pengiriman Terpercaya Dengan Tarif yang Kompetitif

Terakhir, pertimbangkan jasa pengiriman yang kamu pilih. Sebagai pebisnis, wajib untuk memilih ekspedisi yang terpercaya dan punya tarif kompetitif. Oleh karenanya, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya sebelum kamu memilih ekspedisi.

Selain soal kredibilitas dan tarif kirim, pilihlah pihak ekspedisi yang menjangkau negara tujuanmu. Dengan begitu, paket kamu bisa langsung sampai ke tempat tujuan dengan aman tanpa perlu transit di banyak tempat. Dalam memilih jasa ekspedisi, jangan sampai kamu terkecoh dengan penawaran harga murah. Jika perlu kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

Melakukan pengiriman barang ke luar negeri memang tak semudah yang dikira, tapi juga tidak serumit yang dibayangkan. Asal kamu menyusun strategi pengiriman internasional sejak jauh-jauh hari, maka semuanya akan terlaksana dengan baik. Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, kamu bisa langsung kirim barang ke luar negeri dengan ekspedisi terbaik.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN