ADA BERITA APA HARI INI?

5+ Tips Pengiriman Dokumen Di Jasa Pengiriman

TIPS
User

joshua

23 January 2023

Anda kadang-kadang perlu mengirimkan dokumen penting. Dokumen penting dari perusahaan atau pribadi Anda yang harus tiba dengan selamat dan tidak rusak. Anda harus berhati-hati saat melakukan pengirimannya. Berikut tips pengiriman dokumen di jasa pengiriman. 

1. Tulis alamat penerima dan tujuan dengan jelas

Cantumkan alamat penerima dengan tepat dan lengkap saat mengirimkan dokumen. Sertakan penerima nama lengkap juga. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan pengiriman yang sesuai.

Tulis "Dokumen Penting" di bagian kemasan agar lebih aman dan pastikan dokumen sampai ke penerima dalam keadaan tidak rusak dan belum dibuka. Untuk memudahkan kurir mengantarkan kertas, jangan lupa sertakan informasi kontak penerima.

2. Menggunakan karton tebal atau plastik

Dokumen yang diantarkan ke alamat yang jauh jika ditumpuk dengan dokumen atau barang lain. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan dokumen terlipat, rusak, dan terlihat berantakan.

Gunakan karton atau plastik yang kuat untuk melindungi dokumen dari risiko kerusakan. Lebih aman lagi jika menempatkan dokumen yang ingin Anda kirim ke dalam kotak kardus dengan ukuran yang sama. Ketika selama pengiriman, dokumen tidak dapat dengan mudah rusak.

3. Simpan Pada Ampon yang Disegel dan Tidak Tembus.

Sangat penting untuk menempatkan dokumen dalam amplop tidak tembus dan tersegel sebelum mengirimkannya. Ini akan memastikan bahwa dokumen tidak dibuka sebelum sampai ke penerima.

Fakta bahwa amplop disegel dapat menunjukkan bahwa dokumen tersebut belum dibuka. Saat Anda perlu melakukan pengiriman dokumen penting, lebih mudah menggunakan amplop dengan segel berperekat. Beri tahu penerima bahwa dokumen juga disertakan dalam amplop tertutup.

4. Menggunakan Asuransi

Meskipun menggunakan biaya ekstra, mengirimkan dokumen penting sebenarnya membutuhkan asuransi. Asuransi diperlukan untuk menjamin keamanan dan mengurangi resiko kehilangan dan kerusakan dokumen selama pengiriman. Asuransi juga akan memudahkan proses klaim meskipun terjadi kerusakan atau kehilangan selama pengangkutan.

5. Gunakan Jasa Pengiriman Mooleh.com 

Gunakan layanan Mooleh.com untuk mengirim dokumen penting. Mooleh.com adalah layanan pengiriman yang sudah berpengalaman yang bisa mengirimkan paket ke seluruh Indonesia dan internasional.  Anda dapat dengan mudah mengecek harga ke tempat tujuan pengiriman di Mooleh.com

6. Simpan resi pengiriman Anda

Dokumen diserahkan ke jasa pengiriman setelah sudah dikemas dengan benar. Resi pengiriman akan diberikan setelah barang diterima oleh jasa pengiriman.

Biasanya, pihak jasa pengiriman akan meminta beberapa perincian dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait dokumen yang akan dikirim. Pencatatan pengiriman barang saat ini sudah terkomputerisasi sehingga lebih mudah.

Resi pengiriman akan dibuat setelah itu. Simpan resi pengiriman dengan aman sampai penerima di alamat tujuan menerima dokumen penting yang dikirimkan. Anda dapat langsung memantau atau melacak surat perjalanan Anda menggunakan resi pengiriman ini.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN