ADA BERITA APA HARI INI?

Apa Itu Freight Forwarding, Layanan, Dan Manfaatnya?

TIPS
User

joshua

04 November 2022

Bagi seorang pebisnis atau pengusaha, pastinya memerlukan jasa pengiriman atau ekspedisi yang terpercaya dan professional dalam bekerja. Namun tahukah kamu tentang apa itu freight forwarding? Bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahui tentang freight forwarding. Bagi kamu yang belum mengetahui, simak baik-baik penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Freight Forwarding?

Freight forwarding merupakan perusahaan yang bekerja dalam bidang pengiriman suatu barang dalam kapasitas yang cukup besar dengan lingkup antar negara. Dengan kata lain, freight forwarding hampir sama dengan jasa pengiriman logistik hanya saja jangkauan yang dikelola lebih lua dan dengan pelayanan yang lebih mendetail jika dibandingkan dengan jasa logistic biasa.

Pemilihan jasa freight forwarding biasa digunakan oleh pengusaha atau pebisnis yang akan mengirimkan barang atau produk ke negara lain. Tidak hanya mengirimkan suatu barang, dengan jasa tersebut juga biasa digunakan untuk menerima barang atau produk luar negeri yang akan diperjualbelikan kembali di Indonesia. Dapat dikatakan freight forwarding adalah jasa pengiriman eksport import dari satu negara ke negara lain.

Berbeda dengan jasa logistik biasa, freight forwarding memberikan layanan pengiriman yang lebih lengkap meliputi: pengangkutan, pengiriman, penerimaan, penyewaan gudang, perizinan, pengurusan pajak, dll. Dikarenakan jangkauan pengiriman antar negara, armada transportasi yang biasa digunakan adalah kapal, truk, pesawat, atau kereta api.

Layanan Jasa Freight Forwarding

Sama seperti jasa ekspedisi lainnya, freight forwarding biasa menawarkan beberapa layanan yang dapat kamu pilih, diantaranya:

  1. Dapat melakukan negosiasi kontrak mengenai ongkos transportasi dan standar keamanan
  2. Memberikan alternatif dan solusi dalam keperluan packing
  3. Menyiapkan keperluan dokumen administrasi terkait pengiriman beserta asuransi
  4. Menawarkan alternatif jalur pengiriman baik dari udara, darat, dan laut. Serta merencanakan rute pengiriman, yang berkaitan dengan biaya transportasi
  5. Memaksimalkan teknologi untuk mengamankan barang kiriman agar sampai tujuan dengan keadaan yang aman

Pada jasa freight forwarding yang ada di Indonesia menyediakan layanan pengiriman barang tidak hanya luar negeri saja. Melainkan juga dapat mengirimkan barang antar pulau dalam negeri, sesuai dengan syarat, peraturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satu jasa pengiriman termurah yang ada di Indonesia adalah https://mooleh.com/ jasa pengiriman mooleh sudah terpercaya dan profesional dalam bekerja.

Manfaat Menggunakan Freight Forwarding

  1. Memudahkan pengiriman barang eksport-import
  2. Memiliki kapasitas barang dalam jumlah yang besar
  3. Proses pengiriman barang dapat lebih efisien
  4. Pengiriman membutuhkan waktu yang lebih singkat, sehingga barang dapat sampai tepat waktu
  5. Harga pengiriman variatif

Dari pernyataan di atas, bukankah sudah cukup jelas untuk menjawab tentang apa itu freight forwarding. Mulai dari pengertian, pelayanan, rekomendasi jasa terpercaya, serta manfaat dari pemilihan jasa freight forwarding

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN