ADA BERITA APA HARI INI?

Apa itu Logistik? Simak Arti, Tujuan, dan Komponennya!

TIPS
User

joshua

25 January 2023

Apakah kamu tahu apa itu logistik? Sebagai pengguna jasa layanan logistik, kamu perlu tahu arti logistik itu sendiri. Istilah logistik berasal dari kata logos yang mempunyai arti rasio, kalkulasi, orassi, kata, alasa, dan pembicaraan. Secara umum, logistik merupakan ilmu pengetahuan dalam melakukan suatu proses penyimpanan, penghapusan, pemeliharaan, dan penyaluran terhadap barang atau alat tertentu. 

Arti Logistik

Logistik merupakan suatu rangkaian yang mencakup efektivitas rencana, pelaksanaan, hingga pengawasan dari proses perpindahan suatu produk jasa atau barang, dari titik awal sampai titik tujuan.  

Aktivitas logistik ini dilakukan agar mencapai satu tujuan utama, yakni memastikan ketersediaan dan pengiriman barang sampai ke lokasi tujuan dengan tepat waktu. Karena logistik berhubungan dengan pengiriman dan penyimpanan barang atau fisik komoditas, menjadikan logistic sebagai sesuatu yang penting pada perdagangan komoditas. Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu logistik?

Tujuan Logistik 

Logistic sendiri memiliki tujuan agar mendapatkan jumlah, waktu, kondisi, serta barang yang tepat dengan harga yang terjangkau namun tetap dapat memberikan keuntungan untuk penyedia jasa. Selain itu, tujuan logistik bisa dikelompokan menjadi 3, yaitu:

1. Tujuan Keuangan

Setiap produsen pasti menginginkan keuntungan yang besar namun dengan kerugian sekecil  mungkin.  

2. Tujuan keamanan

Prioritas dalam setiap pengiriman barang atau produk adalah keamanannya. Di era modern ini, penyedia jasa logistic tentu memiliki standarnya masing-masing, baik itu penyimpanan, pengemasan, maupun pengiriman. Hal ini dilakukan agar barang atau produk tersebut tidak mengalami kerusakan.

3. Tujuan operasional

Tujuan ketiga adalah tujuan operasional, yang merupakan tujuan paling penting dari logistic, dimana persediaan produk harus mencukupi kebutuhan ke depannya. Dalam logistic, memiliki stok barang harus sesuai kebutuhan, agar produk atau barang tidak mengalami kelebihan atau kekurangan. 

Dengan penjelasan tersebut, tentu kamu menjadi paham bukan ternyata logistic itu memiliki tujuan yang penting. Namun dalam memilih penyedia jasa logistik, kita tetap harus memilih penyedia jasa yang profesional dan terpercaya. Salah satu penyedia jasa yang bisa kita percaya adalah Mooleh. Jika kamu ingin mencari tahu tentang penyedia jasa ini, kamu bisa membuka web Mooleh.com. Dengan penyedia jasa Mooleh, kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan, keuangan, dan operasional kamu. So, jangan lupa di cek ya!

Komponen Logistik

Selain tujuan tadi, ada beberapa komponen yang penting dalam logistik yang perlu kamu ketahui. Dimana komponen ini akan mendukung arus produk dan barang juga distribusinya. Berikut 5 komponen logistik:

  1. Transportasi
  2. Komunikasi
  3. Penyimpanan
  4. Fasilitas Logistik
  5. Manajemen pengadaan persediaan

Nah dengan komponen tersebut, kamu bisa merencanakan dari mana juga ke mana barang akan dikirim, transportasi apa yang akan digunakan, kamu juga dapat membuat rencana pengadaan barang, serta saling berbagi informasi pada kegiatan logistik. Oke, sekarang kamu sudah tahu apa itu logistik, tujuan, serta komponennya. Kedepannya kamu tidak akan salah lagi dalam memilih penyedia jasa logistik kamu.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN