ADA BERITA APA HARI INI?

Apa Saja Dokumen Yang Diperlukan Untuk Jasa Kirim Kargo Internasional?

UMUM
User

joshua

09 May 2023

Pengiriman kargo tidak pernah sepi peminat, terutama bagi para pebisnis yang mengekspor barang ke luar negeri dalam jumlah yang besar. Namun, seringkali beberapa orang terkendala dalam menggunakan jasa kirim kargo. Sebab, pengiriman kargo internasional memerlukan beberapa dokumen yang harus dipersiapkan dengan baik untuk memastikan pengiriman berjalan lancar dan tidak ada masalah yang timbul.

Sebelum Anda menggunakan jasa kirim kargo, berikut adalah beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan sebelum mengirim kargo internasional.

1. Commercial Invoice

Commercial invoice merupakan dokumen penting yang menyatakan jumlah, jenis, dan nilai barang yang akan dikirimkan. Commercial invoice juga digunakan oleh pihak bea cukai untuk menentukan nilai bea masuk, pajak dan biaya lainnya yang diperlukan untuk mengimpor barang tersebut.

2. Packing List

Packing list berisi informasi detail tentang barang yang akan dikirimkan, mulai dari berat, ukuran, jumlah, jenis, dan nilai dari setiap item. Dokumen ini membantu memastikan bahwa semua barang yang terkirim sesuai dengan apa yang dipesan oleh penerima.

3. Bill of Lading

Bill of lading adalah dokumen pengapalan yang menunjukkan barang apa yang dikirimkan, siapa pengirim dan penerima, tanggal pengiriman, dan jenis transportasi yang digunakan. Dokumen ini diperlukan oleh agen pengiriman barang untuk mengatur pengiriman dan mengawasi barang yang akan dikirimkan.

4. Certificate of Origin

Certificate of origin merupakan dokumen yang menyatakan negara asal barang yang akan dikirimkan. Dokumen ini diperlukan untuk menentukan besarnya bea masuk yang harus dibayar dan untuk memastikan bahwa barang tersebut sah diimpor ke negara tujuan.

5. Insurance Certificate

Jika Anda melakukan pengiriman dengan jasa kirim kargo melalui mooleh.com, Anda perlu menggunakan asuransi yang dibuktikan dengan adanya insurance certificate. Insurance certificate adalah dokumen yang menunjukkan bahwa barang yang dikirimkan diasuransikan selama dalam perjalanan. Dokumen ini sangat penting karena jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman, maka pihak penanganan kargolah yang bertanggung jawab secara penuh dengan apa yang terjadi.

6. Export License

Export license diperlukan jika barang yang akan dikirimkan memerlukan izin dari pemerintah untuk diekspor ke negara tertentu. Dokumen ini berbeda-beda tergantung pada jenis barang yang akan dikirimkan dan negara tujuan. Biasanya, dokumen ini diperlukan jika Anda akan mengirimkan bahan-bahan kimia berbahaya ke luar negeri.

7. Import License

Import license diperlukan jika negara tujuan memerlukan izin untuk mengimpor jenis barang tertentu. Dokumen ini harus diperoleh oleh penerima di negara tujuan sebelum barang dapat diterima.

8. Inspection Certificate

Inspection certificate diperlukan jika barang yang akan dikirimkan memerlukan inspeksi sebelum diekspor. Dokumen ini dapat menunjukkan bahwa barang tersebut memenuhi persyaratan kualitas dan keselamatan yang ditetapkan oleh negara tujuan.

Dalam kirim kargo internasional, dokumen-dokumen yang telah disebutkan di atas sangat penting untuk memastikan pengiriman berjalan lancar dan tidak ada masalah yang timbul. Pastikan Anda mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan benar sebelum mengirimkan kargo internasional. Jika Anda memilih menggunakan jasa pengiriman kargo internasional, gunakanlah mooleh.com.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN