ADA BERITA APA HARI INI?

Apa Saja Perbedaan Pengiriman Kargo Dan Reguler?

TIPS
User

joshua

21 January 2023

Di era digital yang serba online ini tentu jasa ekspedisi pengiriman barang sangat dibutuhkan masyarakat, baik untuk kargo maupun reguler, maka Anda harus mengetahui perbedaan pengiriman kargo dan reguler dengan benar.

Apa Itu Pengiriman Kargo dan Reguler?

Dalam jasa ekspedisi tidak hanya terbatas pada pengiriman reguler saja, di mana sekarang pengiriman kargo juga sudah banyak dibutuhkan, terutama untuk melakukan pengiriman dalam jumlah besar ke luar pulau atau luar negeri. 

Pengiriman kargo merupakan layanan pengiriman barang atau ekspedisi yang lebih mengutamakan pengiriman dalam jumlah besar. Biasanya pada pengiriman kargo ada berat minimum yang harus dicapai untuk menggunakan jasanya, tergantung dari pihak ekspedisi tersebut.

Sedangkan, pengiriman regular adalah pengiriman yang banyak digunakan sebagai layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan waktu sampai kiriman antara 1-7 hari kerja yang disesuaikan dengan daerah tujuan pengiriman.

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler

Layanan pengiriman barang memang sudah mengalami perkembangan yang cukup besar, di mana saat Anda melakukan pengiriman dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk bisa mengetahui perbedaan yang jelas mengenai pengiriman kargo dan reguler, simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Jenis Barangnya

Melihat jenis barang yang akan dikirim menjadi perbedaan utama antara kargo dan reguler, karena kargo lebih menekankan pada pengiriman barang dengan jumlah yang besar. Sedangkan pengiriman reguler, jenis barang yang diterima umumnya adalah barang satuan kecil.

2. Minimum Berat

Jika pengiriman kargo dapat dilihat dari minimum beratnya yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan dari ekspedisinya yang menentukan jumlah berat tersebut. Untuk pengiriman reguler, tidak ada minimum berat yang menjadi syaratnya.

3. Biaya Pengiriman 

Pada pengiriman kargo, biayanya akan dihitung berdasarkan berat paket minimal 10 kg, sedangkan pengiriman reguler menggunakan perhitungan barang per 1 kg, sehingga dapat dikatakan jika biaya pengiriman kargo lebih murah dibandingkan yang reguler. 

4. Estimasi Waktu Pengiriman

Untuk pengiriman kargo estimasi waktu pengirimannya lebih lama dari pengiriman reguler, karena kargo mengirim barang dengan jumlah besar dan barang berat, serta membutuhkan armada besar seperti truk atau kapal. Sedangkan pengiriman reguler lebih cepat, karena memakai armada pesawat terbang.

Aplikasi Apa yang Bisa Mengecek Ekspedisi Kargo dan Reguler?

Sebelum Anda menggunakan jasa ekspedisi, pastikan jenis barang yang akan dikirimkan dan beratnya, serta tujuan pengirimannya. Selanjutnya Anda bisa langsung cek ke Mooleh Apps, untuk memilih ekspedisi yang sesuai kebutuhan. 

Adapun penjelasan mengenai perbedaan pengiriman kargo dan reguler ini bisa membantu Anda untuk menyesuaikan dengan barang yang akan Anda kirimkan dan tidak bingung dalam melakukan pemilihan ekspedisi secara tepat dan dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN