ADA BERITA APA HARI INI?

Arti Logistik: Pengertian, Manfaat, dan Tujuannya

TIPS
User

joshua

08 May 2023

Arti logistik yaitu sebuah proses perpindahan, baik itu berupa barang, energi, jasa, dan lainnya dari satu tempat ke tempat yang lain. Selain itu, logistik juga diartikan sebagai sebuah seni mengirim yang dilakukan secara modern. Dimana ada beberapa tahapan dan juga fungsi yang berguna supaya dapat mencapai tujuan tertentu.

Manfaat Logistik

Setelah memahami arti logistik secara umum, kini kita akan beralih membahas tentang manfaat logistik dalam proses penyediaan barang. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Merencanakan Pemenuhan Kebutuhan

Logistik disini bermanfaat untuk merencanakan terkait pemenuhan kebutuhan. Hal tersebut terjadi karena kegiatan logistik mempunyai jadwal serta pengaturan yang tepat. Sehingga dapat memastikan bahwa kebutuhan akan terpenuhi setiap harinya. Terlebih pengiriman barang untuk kebutuhan bahan pokok.

2. Sebagai Wadah Penyimpanan

Logistik juga dapat dimanfaatkan sebagai wadah penyimpanan. Jadi, perusahaan logistik ini idealnya harus mempunyai gudang tersendiri yang mana sudah dilengkapi dengan jadwal teratur untuk setiap barang atau jasa yang nantinya akan masuk atau keluar.

3. Memelihara Kualitas Barang

Manfaat logistik berikutnya yaitu untuk memelihara kualitas barang yang nantinya akan dikirim. Hal tersebut karena barang yang tersimpan di gudang logistik akan dicek secara rutin untuk memastikan kualitas barang tetap baik.

Hal tersebut juga bertujuan untuk mengurangi risiko barang mengalami kerusakan dan juga cacat ketika diterima oleh penerima atau pelanggan.

4. Manajemen Anggaran

Manfaat terakhir dari logistik ini yaitu untuk memudahkan kita dalam proses manajemen anggaran. Hal tersebut karena setiap barang yang masuk atau keluar dari gudang akan dicatat secara rinci. Sehingga proses pengiriman akan lebih maksimal dan cepat.

Untuk itu, Anda harus memilih jasa logistik yang menyediakan manfaat di atas, seperti Mooleh.com. Dimana penyedia jasa logistik ini akan memudahkan Anda dalam mengirimkan barang ke seluruh pelosok negeri dengan cepat dan aman.

Tujuan Logistik

Berbagai kegiatan logistik ini dilakukan dengan tujuan tertentu. Adapun tujuan dari arti logistik sendiri yaitu untuk memperoleh produk atau barang, waktu, dan juga jumlah produk pada kondisi yang baik serta dengan biaya yang relatif terjangkau. Akan tetapi tetap bisa memberikan keuntungan untuk penyedia jasa logistik.

Aktivitas logistik biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menyediakan barang tertentu yang diperlukan di waktu dan tempat yang tepat. Dalam hal itu, perusahaan harus melakukan beberapa tahapan seperti pengadaan barang, produksi, sampai distribusi.

Jika dilihat secara umum, arti logistik disini mempunyai beberapa tujuan, yakni tujuan operasional, keuangan, dan juga keamanan. Ketiga tujuan tersebut dilakukan agar barang yang akan dikirim bisa sampai ke tangan penerima dengan aman.

Demikian penjelasan mengenai arti logistik, tujuan, hingga manfaatnya. Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa logistik disini sangat penting untuk bisnis pengiriman barang. Dengan adanya layanan logistik ini, kita dapat merencanakan, melakukan, serta mengatur stok sampai pengiriman barang dengan baik. Sehingga hal itu dapat menjamin proses distribusi berjalan dengan lancar

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN