ADA BERITA APA HARI INI?

Barang Logistik Adalah Bagian Penting Dalam Ekspedisi, Simak Penjelasannya Disini

UMUM
User

joshua

06 May 2023

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah barang logistik dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah sebenarnya pengertian dari barang logistik? Barang logistik adalah jenis barang yang dipindahkan dan diawasi dalam kegiatan logistik. Dalam proses pengiriman barang logistik terdapat berbagai macam ketentuan yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan ekspedisi.

Sebagai informasi, disini akan dibahas mengenai beberapa contoh barang logistik yang perlu kamu ketahui. 

5 Contoh Barang Logistik

  • Produk Makanan atau Minuman

Bahan baku maupun produk jadi dari makanan atau minuman termasuk pada barang logistik yang bisa dikirimkan lewat perusahaan ekspedisi. Dalam proses pendistribusian barang logistik yang satu ini sangat perlu diperhatikan kebersihan dan kesegarannya.

  • Produk Farmasi

Alat kesehatan, obat serta produk farmasi lainnya juga menjadi salah satu contoh dari barang logistik. Pengiriman produk farmasi harus sesuai dengan prosedur yang berlaku untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Produk Otomotif

Contoh barang logistik yang selanjutnya adalah produk otomotif, baik itu spare part hingga produk jadi seperti motor dan mobil

  • Produk Elektronik

Produk elektronik meliputi berbagai jenis peralatan rumah tangga seperti televisi, kulkas, mesin cuci, handphone serta laptop juga menjadi salah satu jenis barang yang bisa dikirimkan pada kegiatan logistik. 

  • Produk Apparel

Contoh barang logistik yang terakhir adalah produk apparel. Apparel adalah istilah yang digunakan pada barang-barang fashion seperti pakaian, tas dan perhiasan. 

Metode Penyimpanan Barang Logistik

Metode penyimpanan barang logistik adalah cara yang digunakan oleh setiap perusahaan dalam menyimpan semua jenis barang yang akan didistribusikan. Hal ini menjadi penting agar barang logistik tetap dalam kondisi yang baik hingga sampai ke tangan penerimanya. 

Metode penyimpanan barang logistik tersebut bisa dilakukan dengan cara menyimpan barang pada  lokasi yang spesifik (Dedicated Storage), menyimpan barang secara acak atau tersebar (Randomized Storage), menyimpan barang dengan memperhatikan pembagian produk (Class-based Dedicated Storage) serta metode penyimpanan barang berdasarkan luas lantai gudang dan menempatkan barang yang akan segera dikirim di area dekat pintu (Shared Storage)

Mooleh.com, Rekomendasi Jasa Ekspedisi Luar Negeri Terbaik

Apabila kamu sedang membutuhkan pihak jasa kirim barang logistik untuk keperluan bisnis ke mancanegara, kamu bisa mempertimbangkan Mooleh.com. Mooleh merupakan pihak ekspedisi luar negeri yang aman dan terpercaya. Layanan ini telah bekerjasama dengan banyak ekspedisi terkemuka seperti Garuda Indonesia, FedEx, Korean Air hingga Turkish Airlines.

Mooleh juga hadir dalam bentuk aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan yang tersedia, kamu bisa mengakses website resmi Mooleh.com atau download aplikasinya melalui Play Store maupun App Store.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa barang logistik adalah berbagai jenis produk yang harus dijaga kualitasnya oleh penyedia jasa ekspedisi. Jangan ragu untuk menggunakan jasa ekspedisi luar negeri profesional seperti Mooleh. Mooleh akan memastikan barang logistik yang kamu kirim dapat sampai ke tempat tujuan tanpa kurang suatu apapun.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN