ADA BERITA APA HARI INI?

Cara Packing Kayu Dan Barang Wajib Packing Kayu

TIPS
User

joshua

10 May 2023

Sebagaimana yang diketahui, pengiriman jarak dekat atau jarak jauh menjadi salah satu hal yang sudah biasa di lakukan di sera sekarang ini. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pengemasan barang yang menggunakan berbagai macam cara. Salah satunya menggunakan kayu. Packing kayu menjadi salah satu pengemasan untuk barang-barang tertentu dalam sebuah jasa ekspedisi. 

Mengenal Cara Packing Kayu

Terdapat beberapa barang yang harus dikemas menggunakan bubble wrap dan ada juga yang perlu menggunakan kayu. Packing barang menggunakan kayu merupakan sebuah tindakan pengemasan yang diperuntukkan pada barang-barang tertentu. 

Medianya yang cukup kaku ini membuat terdapat beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan. Untuk mengetahui bagaimana caranya pengemasan barang menggunakan kayu yang baik dan benar, simak pembahasannya di bawah.

Cara Packing Kayu Yang Baik Dan Benar

Terdapat beberapa cara packing kayu yang baik dan benar untuk Anda lakukan sebagaimana yang ada di bawah ini.

1. Memilih Bahan Kayunya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih bahan kayunya. Pasalnya, kayu memiliki beberapa jenis sehingga Anda perlu memilih yang tidak cepat lapuk. Beberapa jenis kayu yang bisa dipilih adalah kayu randu, kayu mahoni, multiplek, dan lainnya.

2. Memberikan Ruang Yang Lebih

Selain memilih bahan kayunya, nantinya dalam pengemasan Anda juga perlu memberikan ruang yang lebih untuk penggunaan bubble wrap pada barang yang hendak dikirimkan.

Selain untuk memenuhi ruang supaya padat, bubble wrap juga memiliki fungsi utama untuk keamanan seperti mencegah lecet, pecah, tekanan, dan lainnya.

3. Melakukan Pengukuran Dan Perhitungan Kebutuhan Kayu

Jangan lupa untuk melakukan pengukuran dan perhitungan kebutuhan kayu sebelum melakukan pengemasan menggunakan kayu. Hal ini penting untuk Anda lakukan supaya bisa mencari kayu sesuai dengan kebutuhan. 

Setelah Anda melakukan pengukuran dan perhitungan kebutuhan kayu, biasanya lempengan kayu ini akan disatukan menggunakan paku.

4. Mengecek Ulang

Jangan lupa melakukan pengecekan ulang terkait kemasan apakah sudah siap untuk menempuh jarak jauh dan sudah aman atau belum. Nah, jika sekiranya menemukan bagian yang perlu diperbaiki, maka segera perbaiki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Menambahkan Label Fragile

Penting juga bagi Anda untuk menambahkan label fragile supaya kurir yang membawa paket nantinya bisa lebih berhati-hati dan barang pun terjaga serta tidak mudah pecah atau rusak.

Barang Wajib Packing Kayu

Selain mengetahui bagaimana cara packing kayu yang baik dan benar, berikut beberapa daftar barang wajib menggunakan pengemasan kayu yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

  1. Barang yang mudah pecah
  2. Barang elektronik
  3. Hiasan dinding
  4. Barang yang dikirim ke luar pulau
  5. Barang cair

Itulah sekilas pembahasan seputar packing kayu yang perlu Anda ketahui.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN