ADA BERITA APA HARI INI?

Contoh Kebijakan Dalam Ekspor Dan Impor yang Perlu Anda Ketahui

TIPS
User

joshua

23 January 2023

Di negara kita sebagai negara berkembang ini, kegiatan ekspor dan impor sudah sangat lumrah dijalankan. Apakah anda sudah tahu apa itu ekspor dan impor? Sederhananya, ekspor merupakan kegiatan berupa menjual barang maupun jasa ke luar negeri.

Sedangkan impor berarti kebalikannya, yakni kegiatan pembelian produk ataupun barang yang berasal dari luar negeri. Manfaat ekspor dan impor begitu besar untuk suatu negara. Di dalam kegiatan perdagangan ekspor serta impor juga ada beberapa kebijakan, yaitu sebagai berikut. 

1. Politik Dumping

Maksud dari politik dumping adalah barang ataupun jasa yang di luar negeri dan memiliki harga lebih rendah daripada harga yang di dalam negeri. Tujuannya untuk dapat meningkatkan market (pasar) di luar negeri serta mematikan persaingan. Jenis-jenis dumping politik yaitu ada Sporadic Dumping, Persistent Dumping, dan Predatory Dumping.

2. Perdagangan Bebas

Contoh kebijakan lain dalam ekspor dan impor yaitu kebijakan perdagangan bebas. Ini adalah perjanjian antara dua negara yang tak membuat peraturan apapun pada kegiatan jual beli suatu barang. Dalam hal ini, perdagangan internasional memungkinkan arus komoditas bisa keluar masuk wilayah tanpa suatu halangan atau hambatan.

3. Tarif 

Tarif berarti pajak yang dikenakan untuk objek maupun barang yang nantinya akan masuk je suatu wilayah negara. Semua akan terkena tarif atau pajak sesuai nilai barangnya.

4. Subsidi Ekspor

Contoh dari kebijakan dalam kegiatan ekspor dan impor selanjutnya yakni subsidi ekspor yang merupakan kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor suatu barang serta mengurangi penjualan suatu barang di pasar domestik. Subsidi ekspor adalah pemberian dana yang berasal dari pemerintah untuk perusahaan supaya dapat meningkatkan jumlah dari ekspor barang.

5. Pembatasan Impor (Impor Quota)

Pembatasan ini akan diberlakukan jika suatu negara mengalami peningkatan pada proses produksi. Ini adalah pembatasan langsung jumlah pada barang yang diimpor. Dilakukannya impor quota supaya produk di dalam negeri tak tergerus hadirnya produk luar, sehingga para pedagang lokal bisa berkompetisi dengan sehat.

Mengingat kegiatan ekspor dan impor ini berperan penting untuk negara kita, maka alangkah baiknya untuk masyarakat turut serta mendukung kemajuan perdagangan internasional secara positif. Untuk anda yang mencari kemudahan dan kenyamanan dalam kirim barang ke luar negeri, percayakan saja pada Mooleh. Mengapa harus Mooleh? Ini adalah aplikasi yang bisa bantu pilih ekspedisi kurir internasional yang tepat dengan kebutuhan anda, harga terjangkau, dan pengirimannya juga mudah. Download aplikasinya segera, atau cek info lainnya disini, ya.

Kini kirim paket ke luar negeri sudah tak ribet lagi. Namun meskipun demikian, kita semua harus tetap patuh terhadap segala prosedur, peraturan atau kebijakan dalam aktivitas ekspor dan impor. Cukup di sini artikel tentang kebijakan dalam ekspor serta impor, mulai dari politik dumping sampai dengan impor kuota, dan terima kasih sudah menyimak dengan baik.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN