ADA BERITA APA HARI INI?

Delivery Artinya Apa? Kenali Pengertian Dan Perbedaannya Dengan Surat Jalan!

TIPS
User

joshua

06 March 2023

Istilah delivery order atau delivery sering kita dengar dalam dunia jual online. Layanan ini memang berkaitan erat dengan pemesanan produk. Lalu, delivery artinya apa? Artikel ini akan membahas deliver order dan perbedaannya dengan surat jalan.

Delivery Adalah

Delivery artinya adalah pengiriman. Namun dalam dunia ekspedisi, delivery adalah dokumen penting yang digunakan oleh pengirim barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Dokumen ini berfungsi untuk memudahkan proses pengambilan barang ke konsumen. 

Deliver order biasanya berupa dokumen yang dibuat oleh pihak penjual dan dikirim ke pembeli yang isinya perintah pengiriman barang. Dokumen ini diberikan kepada staff gudang oleh agar barang siap dikirim ke jasa ekspedisi.

Fungsi Delivery Order

Dokumen ini memiliki berbagai fungsi yang mendukung kegiatan pengiriman anda. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:

  1. Membuat daftar barang apa saja yang dikirim oleh penjual
  2. Pernyataan pembelian resmi antara penjual dan pembeli
  3. Sebagai bukti transaksi jual beli yang sah
  4. Mempermudah proses pembuatan surat jalan. Surat jalan ini berperan sangat penting dalam pengiriman barang ke konsumen
  5. Sebagai bukti pencocokan kepada pihak asuransi apabila terjadi kecelakaan pada saat pengiriman.

Sebagai pebisnis online, delivery order ini sangat penting kehadirannya. Dengan surat tersebut, anda bisa melacak status pengiriman barang.

Perbedaannya Dengan Surat Jalan

Surat jalan dan delivery  adalah dokumen berbeda namun terkait satu sama lain. Perbedaan paling mencolok terletak pada informasi yang tertulis di dalamnya.

Delivery order berisi kesepakatan antara penjual (pihak pengiriman) dan pembeli (pihak penerima). Sedangkan surat jalan berisi informasi yang berkaitan dengan pengiriman barang.

Biasanya delivery tidak dibawa oleh kurir, melainkan tim gudang. Sehingga pihak administrasi gudang bisa mempersiapkan barang yang akan dikirim .

Surat jalan adalah dokumen yang harus dibawa oleh kurir. Surat tersebut akan ditunjukkan apabila ada pemeriksaan muatan kendaraan. 

Surat jalan memiliki tiga lembar dengan warna yang berbeda. Lembar putih berfungsi untuk diserahkan kepada pihak pengirim, lembar merah diberikan kepada pihak penerima. Dan lembar hijau sebagai bukti transaksi.

Sedangkan delivery memiliki bentuk yang berbeda sesuai dengan perusahaan yang menerbitkan. Delivery order juga berperan sebagai acuan dalam membuat surat jalan.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa surat jalan dan delivery adalah dua hal yang berbeda. Akan tetapi keduanya adalah berkas yang penting dalam proses pengiriman barang.

Delivery order berperan besar dalam kegiatan bisnis. Karena dengan delivery anda bisa menghindari masalah stok barang. 

Setelah membaca artikel ini, kini anda telah mengetahui delivery artinya apa, dan apa saja fungsinya. Anda bingung kapan harus membuat delivery order? Jangan khawatir karena Mooleh.com hadir sebagai solusi pengiriman barang di dalam dan luar negeri. Kunjungi website mooleh.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN