ADA BERITA APA HARI INI?

Ini Dia Strategi Dan Cara Membuka Usaha Jasa Kurir Agar Tidak Rugi

TIPS
User

joshua

21 January 2023

Maraknya belanja online menyebabkan peningkatan penggunaan di jasa kurir. Sehingga jasa kurir memiliki potensi untuk menghasilkan banyak cuan. Peluang ini bisa anda manfaatkan dengan membuka usaha jasa kurir. Bagaimana cara membuka usaha jasa kurir? Apa saja strateginya? Berikut ini ulasan singkatnya.

Apa itu usaha jasa kurir

Usaha ini adalah jenis bisnis pengiriman barang sebagai perantara untuk mengirim barang dari pengirim ke penerima ke seluruh wilayah jangkauan.

Secara umum ada tiga jenis usaha kurir yang berpotensi menghasilkan banyak cuan:

  1. Menjadi agen drop point jasa pengiriman dari perusahaan ekspedisi
  2. Membeli merek, brand, atau franchise dari perusahaan ekspedisi yang populer
  3. Membangun jasa kurir dari awal

Strategi dalam membuka jasa kurir

Sebelum membuka usaha, ada baiknya kita menyusun strategi terlebih dahulu. Cara membuka usaha jasa kurir mencakup segala hal, mulai dari perkiraan modal hingga lokasi usaha ini berdiri.

1. Menyiapkan modal usaha jasa kurir

Langkah pertama adalah menyiapkan modal dan merincinya menjadi sebuah daftar kebutuhan. Modal memiliki peran penting dalam membuka usaha jasa kurir. 

Anda bisa membuat daftar biaya, mulai dari biaya sewa ruko, timbangan, perizinan, dan sebagainya. Buat perhitungan yang detail dan cukup akurat sehingga anda bisa mendapatkan gambaran modal yang jelas.

2. Menentukan lokasi

Usaha jasa kurir harus memiliki lokasi yang luas. Lokasi tersebut juga berguna untuk menyimpan paket yang akan dikirim oleh pelanggan. Lokasi yang strategis juga patut untuk dipertimbangkan agar usaha anda bisa menjaring banyak pelanggan baru.

3. Menyiapkan armada kurir

Selain memberikan kendaraan, anda juga harus mempertimbangkan kondisi rute dan medan pengiriman. Apakah rute yang dilalui kurir jalannya berlubang atau bergelombang. Dengan mengetahui rute, anda bisa menemukan kendaraan apa yang cocok digunakan sebagai armada kurir.

4. Tentukan tarif pengiriman

Tarif pengiriman dari usaha jasa kurir biasanya berbeda-beda. Perbedaan ini terletak di paket pengiriman dan lokasi tujuan penerima. Ada baiknya anda membangun sebuah website resmi untuk usaha agar mempermudah pelanggan mengecek tarif ongkir atau cek resi dari paket.

Anda bisa membagi jenis paket pengiriman berdasarkan durasi pengiriman dan garansi pengiriman. Misalnya paket pengiriman same day dan reguler dengan waktu pengiriman 2-3 hari.

Membuka usaha jasa kurir membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Oleh karena itu, anda sebagai pengusaha harus memiliki komitmen agar usaha yang dibangun bisa menghasilkan banyak cuan. 

Apabila anda sudah membaca cara membuka usaha jasa kurir namun masih ragu untuk memulainya? Silakan kunjungi Mooleh.com untuk mendapatkan informasi mengenai usaha jasa kurir internasional nomer 1. Mooleh.com menawarkan kerja sama bagi pengusaha baru di bidang ekspedisi, ayo daftar sekarang!

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN