ADA BERITA APA HARI INI?

Jasa Ekspedisi Adalah? Cek Jawabannya!

UMUM
User

joshua

13 October 2022

Jasa ekspedisi adalah salah satu istilah yang digunakan oleh kurir barang yang bertugas mengantar atau mengirim produk dari penjual ke pembeli. Jasa ekspedisi memang terdengar tidak asing lagi dalam kegiatan distribusi bisnis. Lebih jelasnya mengenai jasa ekspedisi,  mari simak ulasan berikut!

Definisi Jasa Ekspedisi Adalah?

Ekspedisi adalah suatu proses atau layanan pengiriman barang secara fisik dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam kegiatan bisnis, jasa ekspedisi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan komoditas di berbagai wilayah.

Oleh sebab itu, jangan heran jika secara tidak langsung jasa ekspedisi dikatakan memiliki peranan penting dalam perputaran barang dan jasa. Jasa ekspedisi memang bergerak di bidang pengiriman barang mulai dari jumlah kecil hingga besar.

Jasa ekspedisi juga tidak akan membatasi jumlah pengiriman berat barang, namun semakin berat berat bobot barang yang dikirimkan. Maka harga jasa pengiriman barang tersebut juga menjadi lebih mahal, begitu juga dengan jarak tempuhnya.

Untuk pendistribusian barang melalui jasa ekspedisi bisa dikirim melalui jalur darat, laut, udara. Sementara untuk jangkauannya yang cukup luas, mulai dari antar daerah, antar pulau, nasional hingga internasional.

Jenis Barang Yang Bisa Dikirim Jasa Ekspedisi Adalah?

Tahukah Anda, jenis barang apa saja yang dapat dikirimkan melalui jasa ekspedisi? Jika belum mengetahui, berikut jenis barangnya!

1. Hasil Pertanian

Indonesia memang dikenal memiliki beberapa komoditas ekspor dan salah satunya industri pertanian. Industri pertanian menghasilkan banyak produk hasil pertanian dan perkebunan. Mulai dari p minyak sawit, kopi, karet, teh, rempah-rempah, kakao hingga hasil pangan, budidaya perikanan dan lainnya.

Untuk mendistribusikan semua produk tersebut maka dibutuhkan jasa ekspedisi. Apalagi kawasan Indonesia sangat luas dan dibatasi antar pulau sehingga jangkauan pengirimannya cenderung lebih sulit.

2. Barang Elektronik Dan Produk Fashion

Untuk menyalurkan barang elektronik seperti handphone, televisi, laptop kulkas serta lainnya tentu dibutuhkan jasa ekspedisi. Umumnya angka kebutuhan pengiriman elektronik cenderung lebih tinggi dikarenakan produk elektronik sangat laris di pasaran.

Meski begitu, berang elektronik termasuk produk yang rentan rusak sehingga dibutuhkan keamanan lebih ekstra agar barang tidak mudah rusak.

3. Food And Beverages(F&B)

Produk food and beverages menjadi salah satu produk yang dapat dikirim melalui jasa ekspedisi. Baik jenis produk frozen food, makanan basah, makanan kemasan serta lainnya. 

Selain itu, guna memastikan kualitas produk makanan tetap bagus, biasanya pihak ekspedisi akan menyediakan armada pengiriman dengan box khusus. Box khusus tersebut biasanya akan dilengkapi pendingin untuk menjaga muatan tetap bagus dan tidak busuk.

4. Produk Fashion 

Produk fashion memang menjadi kebutuhan primer dan memiliki perkembangan yang signifikan. Nah, dengan kemudahan yang ditawarkan marketplace tentu menjadi solusi belanja jadi lebih mudah dan cepat.

Untuk pembelian produk fashion di e-commerce inilah yang menyebabkan jasa ekspedisi sangat dibutuhkan untuk membantu distribusi produk fashion tersebut. Semua produk fashion seperti baju, celana, kaos, jaket, sepatu hingga aksesoris penunjang lainnya dapat dikirim melalui jasa ekspedisi.

5. Produk Otomotif Dan Bahan Konstruksi

Produk otomotif seperti mobil, motor, spare part kendaraan, ban motor, oli hingga lainnya juga bisa dikirim melalui jasa ekspedisi. Selain produk otomotif, Anda juga bisa melakukan pengiriman bahan konstruksi yang berkaitan dengan material bangunan.

Seperti batu, papan kayu, cat tembok, pasir, semen, kapur dan lainnya dapat Anda kirimkan melalui jasa ekspedisi. Untuk pengiriman bahan konstruksi dari satu lokasi ke lokasi lain dengan kuantitas yang tidak sedikit memang jasa ekspedisi dapat diandalkan.

Selain beberapa produk tersebut, sebenarnya masih banyak produk lainnya seperti barang pecah belah, furniture, farmasi, hingga produk FMCG bisa Anda kirimkan melalui jasa ekspedisi.

Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat menjawab pertanyaan Anda tentang jasa ekspedisi adalah serta dapat menambah wawasan terkait produk yang dapat dikirimkan melalui jasa ekspedisi.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN