ADA BERITA APA HARI INI?

Jenis Dan Peran Transportasi Logistik Di Indonesia

UMUM
User

joshua

06 May 2023

Transportasi selalu berkaitan erat dengan logistik. Sebab, tanpa transportasi arus logistik tidak akan berjalan semestinya. Setiap jalur pengiriman pasti memiliki transportasi logistik masing-masing. Setiap jalur memiliki kelebihannya masing-masing yang wajib anda ketahui

Jenis-Jenis Armada Logistik Di Indonesia

Jasa logistik di Indonesia setidaknya memiliki empat jalur. Apa saja jalur tersebut?

1. Logistik Jalur Darat

Transportasi darat selalu menjadi andalan bagi para perusahaan logistik. Namun, jalur ini juga sering mengalami kendala kemacetan. Hal ini tentu akan menyebabkan keterlambatan distribusi barang.

Untuk menghindari hal ini perusahaan biasanya melakukan pengiriman beberapa jam sebelum jadwal. Jenis transportasi logistik darat adalah motor, mobil, dan truk.

2. Logistik Jalur Rel

Meskipun sama-sama melalui jalur darat, potensi keterlambatan distribusi menjadi lebih kecil sebab tidak ada hambatan. Harga yang ditawarkan juga cukup efisien. Satu-satu transportasi jalur rel adalah kereta api. berikut cara kirim barang lewat kereta api

3. Logistik Jalur Laut

Jalur yang satu ini adalah jalur yang sangat penting bagi perdagangan antar negeri atau impor ekspor. Laut adalah jalur terbaik dalam pendistribusian antar negara. Benda yang dimuat dalam jalur logistik juga banyak. Transportasi jalur laut adalah kapal.

4. Logistik Jalur Udara

Logistik jalur udara memiliki estimasi pengiriman yang paling singkat. Waktu yang dibutuhkan oleh armada untuk mengantarkan pesanan antara kota atau provinsi kurang dari 1 jam saja.

Pengiriman yang cepat ini harus dikompensasi dengan harga yang mahal. Oleh sebab itu, pengiriman ini cocok digunakan untuk mengirim barang-barang bernilai tinggi dengan jarak tempuh yang jauh. Armada transportasi jalur udara adalah pesawat baik pesawat penumpang atau cargo.

Peran Armada Logistik Di Indonesia

Logistik di Indonesia tidak akan bisa berjalan tanpa transportasi. Transportasi membantu masyarakat dalam proses distribusi barang. Sehingga sektor bisnis, kesehatan, dan pendidikan bisa bergerak dengan semestinya.

Hal ini sangat membantu daerah masyarakat yang masih kesulitan dalam mengakses dunia luar. Dengan keberadaan toko online, kini  jalur distribusi menjadi semakin meluas. Jaringan transportasi dan pembangunan infrastruktur transportasi logistik akan mendukung aksesibilitas dan mobilitas warga.

Oleh sebab itu, armada logistik harus dipelihara dan dibenahi. Transportasi yang lancar bisa membawa dampak yang besar. Sebab hampir seluruh kegiatan logistik berhubungan dengan armada transportasi. 

Rekomendasi Jasa Logistik Dalam Negeri Dan Luar Negeri

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Jadi, tidak mungkin anda mencapai wilayah-wilayah luar pulau dengan tenaga sendiri. Oleh sebab itu anda membutuhkan bantuan jasa logistik.

Salah satu jasa logistik antar pulau dan antar negara yang direkomendasikan adalah Mooleh.com. Mooleh menawarkan anda transportasi logistik berkapasitas besar yang siap mengangkut seluruh pesanan pelanggan anda. Dapatkan segala penawaran terbaik dari Mooleh melalui website resminya dan aplikasi Mooleh di Play Store atau App Store

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN