ADA BERITA APA HARI INI?

Kenali Manfaat Warehouse Logistics Pada Sistem Pendistribusian Produk

UMUM
User

joshua

10 May 2023

Bagi perusahaan produksi, tentunya pergudangan menjadi satu hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Gudang ini digunakan sebagai tempat untuk mengakumulasi, mengelola, dan mengirimkan inventaris. Maka dari itu, perusahaan produksi biasanya memiliki warehouse logistics untuk membantu proses pendistribusian produk yang dihasilkan hingga bisa diterima customer dengan baik.

Apa Itu Warehouse Logistik?

Warehouse logistik merupakan suatu proses perencanaan, pengoperasian, dan pengelolaan aliran barang di dalam gudang. Proses tersebut meliputi pencarian, pengemasan dan juga pengiriman pesanan hingga sampai ke pelanggan.

Untuk meningkatkan sistem kerja pada warehouse logistik ini, perlu dilakukan beberapa hal seperti,

  • Memberikan pelatihan yang tepat
  • Menjalin koordinasi yang baik dengan kontraktor dan supplier 
  • Menerapkan perubahan agar lebih efisien
  • Melakukan pemantauan pada warehouse logistik 

Manfaat Warehouse Logistik 

Bagi suatu pabrik atau perusahaan produksi, warehouse logistik ini memiliki beberapa manfaat penting, diantaranya adalah

1. Inventaris Yang Akurat

Dengan adanya warehouse logistik, manajemen persediaan jadi lebih sederhana dan efisien, sehingga perhitungan inventaris bisa dilakukan dengan lebih cepat dan akurat. Hal tersebut membuat Anda jadi lebih mudah dalam membuat keputusan terkait banyaknya pesanan yang bisa dipenuhi.

2. Memaksimalkan Ruang Gudang

Warehouse logistik dapat membantu Anda memaksimalkan ruang dan tempat. Sehingga bisa dipastikan inventaris yang disimpan tidak terlalu banyak, dan produk bisa dipesan ulang hanya saat membutuhkannya saja. Rotasi stok yang ada di dalam gudang, benar-benar dioptimalkan dengan baik, sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak ruang.

3. Mengurangi Pengembalian

Warehouse logistics membuat Anda bisa mengeluarkan produk yang tepat setiap saat. Dengan begitu akan terjadi peningkatan kepuasan pelanggan dan pengembalian barang atau return akan semakin berkurang. Berkurangnya pengembalian ini juga membuat biaya pengiriman jadi lebih sedikit.

4. Alokasi Tenaga Kerja Yang Sistematis

Sistem yang ada pada warehouse logistik memungkinkan Anda dapat menjadwalkan waktu dan tempat dimana karyawan bisa lebih produktif. Dengan alokasi tenaga kerja yang sistematis ini, pengeluaran untuk biaya tenaga kerja berkurang, serta terjadi peningkatan efisiensi dan moral.

5. Kemudahan Penggunaan

Warehouse logistik sangat mudah untuk diterapkan. Semua proses mulai dari masuk hingga keluarnya logistik dilakukan seefisien mungkin. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada tugas-tugas yang lainnya.

Jasa Pengiriman Mooleh.com 

Warehouse logistik memang menjadi hal penting yang perlu dimiliki oleh pabrik atau perusahaan produksi. Selain itu, perusahaan juga perlu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa mendistribusikan produknya hingga sampai ke tangan pelanggan.

Untuk itu, sebaiknya gunakan jasa pengiriman Mooleh.com yang bisa membantu Anda mengirimkan barang tidak hanya ke berbagai wilayah di Indonesia, tetapi juga ke berbagai negara di dunia. Proses pendistribusian produk dari warehouse logistics ke pelanggan bisa dilakukan dengan cepat dan efisien dengan menggunakan jasa dari Mooleh.com

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN