ADA BERITA APA HARI INI?

Ketahui Jenis-Jenis Surat Pengiriman Barang

UMUM
User

joshua

01 November 2022

Pada kegiatan jual beli berskala besar, perusahaan tentu tidak jarang mendapati konsumen yang meminta surat pengiriman barang. Terutama, jika jumlah pesanan barang banyak, dan jarak tempuh pengiriman cukup jauh. Namun, ada beberapa jenis surat pengiriman yang perlu diketahui sebagai berikut:

1. Pengiriman Barang

Surat pengiriman barang dibuat untuk mencantumkan rincian barang yang tertera sesuai pesanan. Tentunya, surat jalan ini harus dengan format penulisan yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli.

Hal tersebut diperlukan oleh suatu lembaga seperti perusahaan sebagai arsip dokumen. Salah satunya oleh Mooleh.com sebagai jasa expedisi untuk dalam dan luar negeri.

2. Kendaraan Kepolisian

Beberapa jenis surat jalan yang berasal dari institusi kepolisian ini sifatnya berbayar, tergantung dari tujuan dibuatnya surat tersebut dan resiko yang menyangkut pihak pengirim dan penerima. Surat jenis ini lebih menggunakan format penulisan secara resmi seperti pada surat jalan perizinan.

3. Dinas

Surat dinas biasa digunakan oleh pihak yang memiliki keperluan kedinasan, seperti surat jalan tugas dinas, surat jalan perizinan, dan sebagainya. 

Surat ini biasanya dibuat secara resmi menggunakan susunan format, Bahasa penulisan baku, identitas nama penulis dan si penerima surat yang jelas.

4. Penjualan Barang Kredit

Surat ini dikeluarkan karena transaksi jual beli yang dilakukan dengan sistem pembayaran kredit. Surat ini ditulis untuk surat order atau pemesanan dengan tujuan sebagai bukti pengeluaran barang.

5. Penjualan Barang Tunai

Surat jalan penjualan barang secara tunai ini dibuat hanya untuk mencatat secara khusus bukti-bukti transaksi jual beli yang dilakukan secara tunai.

6. Drop Canvasser

Surat dari Drop canvasser ini dibuat dengan tujuan untuk membuktikan riwayat transfer yang keluar dari persediaan Gudang kepada canvasser. 

Kuantitas dari surat ini juga ditentukan oleh bagian pengelola pergudangan sesuai kebijakan peraturan perusahaan. Hal ini biasanya disesuaikan dengan jadwal tugas pengelola pergudangan tersebut.

7. Titipan Barang

Menitipkan barang tentu harus dilakukan dengan aman, bahkan disertakan juga berkas pendukung yang bisa dijadikan sebagai bukti resmi. Maka, agar barang titipan aman perlu dibuat surat jalan penitipan barang. 

Biasanya surat ini ditulis oleh pihak manajemen yang wewenangnya akan dialihkan kepada staf di bagian pergudangan. 

8. Retur Pembelian

Surat ini berhubungan dengan berkas retur pembelian. Format penulisan surat tersebut sesuai dengan transaksi yang ditulis oleh pihak di bagian pembelian barang. 

Maka, nilai kuantitas barang yang dituliskan tidak bisa berubah lantaran disesuaikan dengan kuantitas yang sudah tertulis pada retur pembelian sebelumnya.

 

Informasi yang Dicantumkan dalam Surat 

Berikut informasi yang harus dicantumkan:

1. Nama dan alamat perusahaan.

2. Nomor surat.

3. Tempat dan tanggal pembuatan surat jalan

4. Perusahaan, daerah atau institusi tujuan pengiriman.

6. Rincian semua barang yang dipesan meliputi nama nama barang, jumlahnya, dan harga.

Itulah jenis surat pengiriman barang. Semoga bisa menambah wawasan Anda

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN