ADA BERITA APA HARI INI?

Ketahui Perbedaan Pengiriman Reguler Dan Cargo Agar Tidak Pusing

UMUM
User

joshua

04 November 2022

Kebutuhan akan perusahaan ekspedisi pengiriman barang makin hari makin meningkat. Hal tersebut terjadi tak lain karena teknologi yang semakin maju, pemerataan infrastruktur, dan laju bisnis yang semakin cepat. Perusahaan memiliki dua layanan dalam melakukan pengiriman. Oleh karena itu berikut adalah perbedaan pengiriman reguler dan cargo.

Apa Itu Pengiriman Reguler

Pengiriman reguler adalah  layanan pengiriman yang diberikan kepada barang atau benda dalam jumlah kecil. Pengiriman jenis ini tidak memerlukan syarat tertentu dalam menggunakan layanan ini.

Pengiriman reguler umumnya menyediakan layanan antar jemput barang sehingga Anda tidak perlu untuk datang ke kantor perusahaan ekspedisi. Dengan layanan tambahan tersebut, wajar saja apabila harganya sedikit lebih mahal dari karena dihitung per kilogramnya.

Apa Itu Pengiriman Cargo

Pengiriman cargo adalah layanan pengiriman barang yang mengedepankan jumlah pengiriman yang besar. Biasanya barang yang dikirim memiliki ketentuan berat minimal, yakni 10 kg. Akan tetapi bisa saja setiap ekspedisi memiliki persyaratan berat minimumnya sendiri.

Kelebihan utama dari pengiriman cargo adalah ongkos kirim yang lebih murah dibandingkan pengiriman biasa. Pengiriman cargo tidak memberikan layanan antar jemput. Jadi, Anda harus datang ke kantor untuk melakukan pengiriman.

Perbedaan Antara Layanan Cargo Dan Reguler

Berikut ini adalah perbedaan pengiriman reguler dan cargo:

1. Jenis Barang

Kedua layanan ini memiliki perbedaan pada jenis barang yang dilayani. Pengiriman reguler biasanya melayani pengiriman barang-barang kecil, misalnya sepatu, pakaian, tas, dan benda berukuran kecil yang lain.

Sedangkan pengiriman cargo lebih kepada pengiriman barang dengan jumlah besar atau benda berat.

2. Pengguna

Umumnya pengiriman reguler dipakai oleh konsumen secara umum. Sedangkan pengiriman cargo bisa dipakai oleh perusahaan atau vendor yang bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi. Karena barang-barang yang dikirim menggunakan cargo biasanya membutuhkan penanganan khusus.

4. Pengemasan

Pengiriman reguler biasanya menggunakan bubble wrap sebagai pelindung utama dari paket-paket yang akan dikirim. Sedangkan pengiriman cargo menggunakan pelindung yang lebih besar, biasanya adalah peti kayu, karung, dan pelindung khusus lainnya.

5. Estimasi Pengiriman

Estimasi pengiriman paket reguler biasanya mencakup dari jarak paket diantar hingga sampai ke tangan penerima. Karena hanya melayani paket yang kecil, estimasi pengirimannya kurang lebih dari satu hari sampai satu minggu maksimal.

Untuk pengiriman cargo, estimasi yang dibutuhkan lebih lama yakni dari tiga sampai 14 hari. Estimasi lebih lama karena cakupan barang dan wilayah yang lebih luas sehingga paket lebih lama sampai ke tujuan.

Itu tadi adalah perbedaan pengiriman reguler dan cargo yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda mencari jasa pengiriman ekspor impor yang murah, mudah, praktis, dan terpercaya. Mooleh.com bisa menjadi tangan penolong di saat-saat yang Anda butuhkan.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN