ADA BERITA APA HARI INI?

Logistik, Belum Tahu Dan Masih Bingung? Inilah Pengertian, Tujuan, Dan Kegiatan

TIPS
User

joshua

25 January 2023

Bukan kata yang asing di telinga jika mendengar orang lain mengucapkan kata logistik. Namun, mengucapkan tanpa tahu arti akan terasa ambigu. Seolah, hanya mengikuti trend dan melupakannya ketika tidak lagi terdengar. Misalnya saja kata ambyar, baper, dan lainnya. Tapi tenang dan jangan khawatir! Disini akan dijelaskan lengkap terkait pengertian, tujuan dan kegiatan dari logistik. 

Apa Itu Logistik? Simak Pengertiannya 

Istilah ini berasal dari bahasa Yunani yaitu Logos yang artinya rasio, kata, kalkulasi, alasan, pembicaraan, atau orasi. Secara umum logistik adalah seni atau ilmu pengetahuan dalam melakukan proses penyimpanan, pendistribusian barang, pemeliharaan, dan penghapusan. Erat kaitannya dengan barang atau jasa, energi atau sumber daya. 

Dapat juga diartikan sebagai seni pemindahan atau pengiriman barang secara modern dari titik awal ke tempat tujuan. Aktivitas ini tak lepas dari tujuan awal yaitu memastikan ketersediaan barang dan barang diterima tepat waktu. Standar performa yang dipegang yaitu keseimbangan pelayanan yang diberikan dengan biaya yang dikeluarkan perusahaan.   

Logistik Itu Penting, Ini Tujuannya 

Logistik menjadi hal yang sangat penting dalam perdagangan komoditas. Pasalnya, aktivitas ini erat hubungannya dengan penyimpanan dan pengiriman komoditas secara fisik. Tentu tidak dapat dipungkiri terdapat banyak tujuan yang ingin diraih. 

Pertama, tujuan operasional. Menjadi hal penting untuk diperhatikan, bahwasanya logistik adalah manajemen proses komoditas. Oleh karena itu, persediaan barang harus cukup untuk beberapa hari mendatang. Setiap logistik memiliki stok sesuai kebutuhan. Artinya, tidak mengalami kelebihan atau kekurangan akan barang. 

Kedua, tujuan keuangan. Keuntungan merupakan tujuan utama yang ingin dicapai perusahaan. Umumnya, logistik menyediakan pengiriman lebih terjangkau daripada jenis lain. Sehingga dapat merampingkan biaya yang dikeluarkan. 

Ketiga, tujuan keamanan. Pada dasarnya keamanan barang menjadi prioritas utama yang sangat diperhitungkan. Kini, logistik telah terjamin dan memiliki standar keamanan masing-masing. Salah satunya yaitu Mooleh yang hadir sebagai jasa ekspedisi. Telah terpercaya dan aman dalam melakukan pendistribusian barang. 

Kegiatan Logistik 

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa logistik adalah serangkaian kegiatan yang saling terhubung. Dimana, tahap satu akan mempengaruhi tahap dua dan seterusnya. Oleh karena itu, aktivitas logistik dapat dijelaskan sebagai berikut : 

  • Perencanaan. Pemikiran, penelitian, dan perencanaan kegiatan yang akan dilakukan dimasa mendatang. Aktivitas ini erat kaitannya dengan barang apa dan apa yang dibutuhkan. 
  • Pengorganisasian. Pembagian tugas sesuai bidang yang dikuasai. 
  • Pengawasan. Pengawasan terhadap proses yang dilakukan agar sesuai dengan tujuan awal. 
  • Pengadaan. Upaya yang dilakukan untuk mengamankan stok komoditas. 
  • Pencatatan. Aktivitas menulis yang erat kaitannya dengan pembelian, penjualan, atau persediaan. 
  • Penggudangan. Mengurus gudang, mulai dari pembelian, perawatan, dan pendistribusian barang. 
  • Pemeliharaan. Mempertahankan kondisi logistik agar siap pakai yang dilakukan secara terus menerus.  

Bagaimana sekarang sudah lebih jelas kan terkait logistik? Tentu. Telah dijelaskan bahwa logistik adalah serangkaian kegiatan termasuk di dalamnya pendistribusian barang. Mooleh menjadi jasa ekspedisi andalan yang dapat dipercaya dengan pelayanan ekstra.  

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN