ADA BERITA APA HARI INI?

Membandingkan Perbedaan Layanan Angkut LCL Dan FCL

UMUM
User

joshua

09 May 2023

Saat menggunakan layanan pengiriman ekspor, terkadang Anda melihat istilah LCL dan FCL. Dua hal ini adalah layanan pengiriman yang berbeda untuk penggunaan container. Untuk tahu lebih banyak tentang kedua hal tersebut, mari bahas bersama pada artikel berikut ini!

Perbedaan Definisi LCL Dan FCL

Agar lebih jelas melihat perbedaan dua layanan pengiriman barang ini, ada baiknya belajar dulu soal masing – masing definisinya:

1. LCL

Secara sederhana adalah layanan pengiriman yang menyatukan banyak perusahaan pengiriman dalam satu container. Layanan ini lebih fokus pada biaya seberapa besar ruang container yang digunakan oleh pengirim barang.

2. FCL

Untuk layanan pengiriman yang satu ini, perusahaan pengiriman harus bayar sewa satu container penuh. Menyewa satu container tentu lebih rumit dan memakan biaya besar. Namun di sisi lain, keuntungan menggunakan container terpisah lebih menjamin keamanan barang dan ukuran volume pengiriman yang besar.

Aspek – Aspek Yang Berbeda Antara LCL dan FCL

LCL dan FCL jelas memiliki aspek yang berbeda. Untuk melihat lebih jelas apa saja perbedaan tersebut, mari bahas di bawah ini:

1. Aspek Biaya

Dari segi aspek ini, LCL lebih murah dibandingkan FCL. Hal ini karena LCL hanya memerlukan pengirim membayar ukuran volume yang digunakan dalam container. Sedangkan FCL mengharuskan pengirim membayar biaya sewa satu container penuh walaupun yang digunakan tidak seluruhnya.

2. Aspek Keamanan

Dari aspek keamanan, FCL jelas lebih unggul. LCL menggabungkan barang – barang dari banyak pengirim lain menjadi satu container. Hal ini meningkatkan kemungkinan human error dalam memisahkan barang dan kebutuhan mengeluarkannya.

3. Aspek Besaran Pengiriman

Dari aspek besaran pengiriman, LCL terbatas karena tidak bisa menggunakan seluruh ruang pada container. Sedangkan FCL lebih bebas mengisi penuh container karena sistem ini membayar biaya container secara keseluruhan.

Lebih Baik Memilih Yang Mana?

Dari pembahasan banyak aspek antara LCL dengan FCL, Anda bisa melihat sendiri mana yang lebih menguntungkan. Karena kebutuhan pengiriman barang adalah case by case, penentuan mana yang lebih baik akan tergantung dari apa yang Anda perlukan.

Contoh saja sebagai perusahaan berukuran sedang yang melayani pengiriman impor bervolume kecil. Untuk hemat biaya, tentu pengiriman LCL jauh lebih menarik. Di sisi lain, bagi perusahaan yang kirim volume besar dan ingin menjaga kualitas pengiriman, FCL pasti lebih menarik digunakan.

Rekomendasi Jasa Layanan LCL Dan FCL

Bagi yang mencari layanan pengiriman ekspor yang mampu beri dua layanan tersebut, Anda bisa coba hubungi Mooleh.COM. Perusahaan yang satu ini sudah lama ada di industri kargo dan pengiriman barang. Mereka lebih specialis pengiriman luar negeri.

Jika ingin layanan lengkap dan professional seputar ekspor dari Indonesia ke seluruh dunia, segera saja hubungi Mooleh. Anda bahkan dapat menikmati layanan LCL dan FCL kompeten dari perusahaan pengiriman yang satu ini

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN