ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Jasa Ekspor Impor dan Jenis-Jenisnya

TIPS
User

joshua

06 October 2022

Ekspor impor menjadi kegiatan yang dilakukan berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan tentunya. Dengan kata lain, ekspor impor adalah kegiatan perdagangan internasional. Maka dari itu, tidak mudah untuk melakukan kegiatan ekspor secara langsung dengan importir. Ada berbagai tantangan seperti mengurus persyaratan dokumen serta akses logistik guna melakukan kegiatan ekspor impor. Akan tetapi, sudah banyak jasa ekspor impor di Indonesia yang bisa membantu Anda.

Namun, dalam hal ini tidaklah semudah membalikkan tangan karena ada berbagai kendala. Eits, tetapi Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan ekspor karena di Indonesia sudah tersebar banyak jasa ekspor impor. Biasanya perusahaan penyedia jasa ekspor impor akan mengurus berbagai hal yang diperlukan bagi eksportir atau importir. 

Nah, sebelum menggunakan jasa ekspor impor untuk mengirim barang ke luar negeri lebih baik memahami terlebih dulu tentang sistem kerja dan jenis jasa ekspor impor di perusahaan. Pasti ada yang belum mengenal tentang jasa ekspor impor, apalagi sistem kerja, dan jenisnya.  Mari mengenal lebih dekat jasa ekspor impor sebelum menggunakannya untuk melakukan perdagangan secara internasional..

  • Pengertian Jasa Ekspor Impor

Jasa ekspor impor adalah jasa yang menyediakan layanan untuk pengiriman barang dari Indonesia ke semua negara tujuan yang dituju atau sebaliknya menggunakan jalur darat maupun laut. Tak hanya pengiriman perusahaan, jasa ekspor impor biasanya juga menyediakan tempat gudang, custom clearance, sampai transportasi. 

Untuk melakukan ekspor impor pun ada langkah-langkah tertentu yang perlu dilakukan oleh eksportir maupun importir. Mulai dari transaksi sampai penerimaan barang tentu akan berlangsung panjang dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini juga tidak semudah pengiriman biasa yang bisa cepat sampai.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar ekspor atau impor lebih dulu dan memilih jenis serta menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Barulah perusahaan akan mengurus dokumen ke bea cukai serta melakukan proses pengiriman barang ke luar negeri. Selain itu, ada beberapa jenis layanan ekspor impor yang perlu anda ketahui.

  • Jenis Jasa Ekspor Impor

Di perusahaan jasa ekspor impor ada beberapa jenis layanan ekspor impor yang disediakan, di mana hal itu erat kaitannya dengan sistem perdagangan barang ke luar negeri atau dari luar negeri. Tentunya, hal tersebut dilakukan secara terstruktur dalam rangka menjaga kualitas kinerja. Ada beberapa jasa ekspor impor untuk mengirimkan barang ke negera tujuan, sebagai berikut:

  1. Jasa Ekspor Impor Jalur Laut Dan Udara

Berkaitan dengan pengiriman barang ke luar negeri atau ekspor ada jenis layanan ekspor impor jalur laut dan udara yang disediakan oleh perusahaan jasa ekspor dan impor. Dua jalur pilihan untuk pengiriman barang ini sangat memudahkan tentunya, yaitu dengan pesawat melalui udara dan laut menggunakan kapal laut. Perlu diketahui kalau beberapa negara hanya menggunakan salah satunya saja.

  1. Jasa Ekspor Impor Custom Clearance

Di perusahaan layanan ekspor impor pun akan menyediakan pelayanan pada pengurusan dokumen di bea cukai maupun instansi lain yang terkait, inilah yang disebut jasa custom clearance. Pengurusan dokumen untuk bea cukai akan diurus oleh pihak perusahaan sehingga Anda tidak perlu ambil pusing tentang dokumen. Hanya perlu membayar biaya jasa pembuatan berkas, mudah, kan?

Nah, itulah sedikit ulasan tentang jasa ekspor impor yang kini banyak beredar di Indonesia lantaran banyak dibutuhkan dalam perdagangan. Terlebih sejak adanya online shop, tak hanya bisnis besar yang memerlukan pengiriman ke luar negeri, tetapi juga UMKM yang sudah merambah ke dunia digital.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN