ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Jenis-Jenis Courier Service

UMUM
User

joshua

28 February 2023

Jasa kurir terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu courier service menurut cara pengiriman dan courier service menurut skala kerjanya.

Courier Service Berdasarkan Metode Pengiriman

  • Courier Same day (Kurir Hari yang Sama)

Layanan kurir yang mengirimkan paket pada hari yang sama. Umumnya, jenis layanan ini akan mengambil paket sebelum tengah hari dan mengantarkannya sore hari. Beberapa jasa kurir pada layanan ini menawarkan layanan pengiriman hari berikutnya. Berdasarkan pengiriman paket hari berikutnya, sore hari diterima.

Pengiriman pertama diambil dan kemudian dikirim. Dengan cara ini akan menjadi lebih murah dan membutuhkan armada yang lebih sedikit dalam mengumpulkan paket dengan jumlah besar. Kurir akan mengambil paket pada pukul 07:00 dan mengirimkannya ke perusahaan kurir. 

Dengan cara ini, kurir dapat mengirimkan banyak paket dengan harga murah, yang mengurangi biaya bagi pelanggan. Namun, produk mungkin sampai ke pengguna membutuhkan waktu hingga satu hari.

  • Overnight Shipping (Pengiriman Semalam)

Jenis layanan kurir yang sering mengirim antara jam 9 pagi dan 11 malam, tapi produk dikirim setelah jam 5 sore. Layanan ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain menjaga keamanan barang di dalam kendaraan (kurir) karena tidak terjebak kemacetan, menghindari kerusakan barang akibat panas, dan pengiriman yang lebih cepat dan dapat diprediksi. 

  • Pengiriman Parcel

Merupakan layanan yang sama dengan metode pengiriman yang telah dibahas sebelumnya. Namun, salah satu perbedaannya adalah bahwa paket kondisi khusus biasanya dipindahkan berdasarkan lokasi spesifiknya.

Contoh pengiriman paket adalah makanan restoran pada hari yang sama, karena harus diantar dalam waktu satu jam. Perusahaan kurir yang menawarkan layanan ini harus mengantarkan makanan dalam waktu kurang dari satu jam. Selain itu pengiriman paket ini dikirim secara terpisah atau dalam paket dengan bahan yang sama.

Ada juga layanan pengiriman lainnya yaitu On Demand Delivery, dimana paket merespon permintaan pelanggan dengan memesan kurir khusus untuk mengantar atau mengantar barang. 

Courier Service Sesuai Skala Kerja

  • Courier Service Lokal

Jasa kurir yang menawarkan layanan pengiriman dalam kota. Jasa ini biasanya melakukan kontrak dengan distributor lokal atau memberikan layanan distribusi kepada publik.

Fakta menarik tentang jasa kurir lokal adalah bahwa beberapa jasa lokal terkemuka, meskipun berbasis di beberapa kota atau bahkan negara, tidak mengirimkan barang melintasi perbatasan atau dari satu negara ke negara lain. Sebaliknya, mereka beroperasi secara lokal di banyak kota dan biasanya mengirimkan barang mereka ke pasar lokal.

  • Courier Service Global

Jasa kurir yang mana beroperasi dalam skala yang jauh lebih besar, misalnya di berbagai negara atau benua. Bisnis ini sering dipandang sebagai bisnis yang ramai dengan armada yang besar. Secara umum, courier service global akan memberikan layanan yang lebih baik daripada perusahaan lain dan memberikan tingkat layanan yang lebih tinggi.

Membutuhkan jasa kurir terpercaya? Gunakan Mooleh.com untuk mengantarkan paket Anda sampai ke tujuan dengan selamat. Mooleh.com merupakan jasa kurir yang telah berpengalaman dan profesional dalam pengiriman paket

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN