ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Komoditas Impor Indonesia

TIPS
User

joshua

08 May 2023

Pada dasarnya hubungan ekonomi khususnya di dalam skala internasional tentu saja Anda akan mengenal istilah ekspor maupun impor. Impor merupakan sebuah aktivitas di mana terjadinya pemasukan barang dari luar negeri. Sementara itu, ekspor adalah sebuah tindakan pengiriman barang di luar negeri. Di Indonesia sendiri mengenal istilah komoditas impor  Indonesia. 

Mengenal Istilah Komoditas

Dilansir dari kamus besar Bahasa Indonesia istilah komoditas merupakan salah satu barang dagangan utama atau benda niaga maupun bahan mentah yang digolongkan berdasarkan mutunya Sesuai dengan standar perdagangan internasional. Salah satu jenis komoditas adalah gandum, kopi dan juga karet. 

Dari pengertian tersebut maka bisa disimpulkan bahwasanya komoditas harus mempunyai nilai tertentu. Selain itu, sebuah komoditas yang diniagakan tentu saja harus memenuhi persyaratan ekonomi yang mana tingkat permintaannya akan dapat berpengaruh satu sama lain. 

Macam – Macam Komoditas Impor di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang melakukan kegiatan impor maupun ekspor barang yang cukup besar ke luar negeri. Mereka banyak menjual barang-barangnya ke negara-negara lain di seluruh dunia. Adapun komoditas impor Indonesia adalah sebagai berikut

1. Alumunium

Alumunium menjadi salah satu jenis komoditas impor yang ada di Indonesia. Kebutuhan akan aluminium lumayan tinggi yang mana dibuktikan dengan tingginya nilai impor terhadap barang tersebut mencapai kurang lebih 900 juta US dollar. Impor bahan alumunium ini paling banyak berasal dari negara Tiongkok.

2. Buah-Buahan

tahukah Anda apabila buah-buahan menjadi salah satu jenis komoditas impor yang ada di Indonesia? Ini mencapai kurang lebih 400 juta kg setiap tahunnya. Nilai impor tersebut mencapai kurang lebih 10,2 triliun rupiah. 

3. Sayuran

jenis komoditas impor di Indonesia lainnya adalah sayur-sayuran. Ini berasal dari negara Tiongkok dengan jumlah impor mencapai kurang lebih 65 juta kg atau setara dengan 526 juta dolar Amerika Serikat. Indonesia banyak mengimpor sayuran segar dan organik dari negara tersebut. 

4. Pupuk

Pada  dasarnya pupuk menjadi salah satu komoditas impor yang terbesar di Indonesia. Nilainya setara dengan 523 juta US Dollar. Indonesia sudah mengimpor sebanyak kurang lebih 2,3 juta ton pupuk setiap tahunnya. 

5. Minyak Bumi

Meskipun Indonesia dikenal dengan negara yang memiliki banyak akan tetapi negara tersebut ternyata masih mengimpor minyak bumi dari luar negeri. Setiap tahunnya mencapai nilai kurang lebih 500.000 ton minyak bumi yang diimpor ke negara Indonesia. Ini setara dengan nilai 286 juta US Dollar. 

Itulah tadi beberapa komoditas impor Indonesia yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda ingin melakukan impor suatu barang ke luar negeri maka anda bisa menggunakan jasa Mooleh.com. ini merupakan sebuah tempat ekspor dan impor barang yang cukup terkenal di Indonesia dan sudah terpercaya Serta banyak digunakan oleh semua orang perusahaan besar

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN