ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Label Pengiriman Paket Lebih Jauh!

TIPS
User

joshua

01 November 2022

Anda seorang pemilik usaha yang sering kirim paket ke luar negeri? Pasti sudah tidak asing lagi dengan label pengiriman paket. Lalu, sebenarnya apa sih pengertian dari label tersebut dan alasan kenapa label tersebut ada di paket? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Label Pengiriman?

Label paket adalah label yang menampilkan informasi kunci yang berguna bagi jasa kurir dalam mengangkut paket dari tujuan awal hingga sampai ke tujuan pengiriman dengan benar sesuai informasi yang tertera. 

Adapun format kirim paket pada umumnya meliputi kode pos, kode negara, jumlah paket beserta beratnya, alamat pengirim dan alamat penerima, tanggal batas pengiriman, nomor resi, nama produk yang dikirimkan dan jalan kapal, kota maupun negara bagian. 

Label sendiri mencakup metode pengiriman yang dipilih misalnya regular, standard, ekspress dan lain-lain. Menariknya, label pengiriman paket ini sifatnya unik sehingga ridak dapat digunakan kembali untuk pengiriman paket lain alias satu order barang dan pengiriman. 

Cara Kerja Label Pengiriman

Selain memudahkan jasa kurir dalam mengirimkan barang, label pengiriman juga memudahkan penerima dalam melakukan pelacakan paket yang dibeli melalui internet. Beda jasa ekspedisi beda format yang ditampilkan. 

Secara umum cara kerjanya cukup mudah, yaitu dengan menampilkan scan barcode yang mudah dibaca oleh manusia dan mesin barcode. Nah, untuk format barcode tersebut tergantung pada kebijakan masing – masing jasa ekspedisi. 

Letak Penempelan Label Pengiriman

Label shipping atau label pengiriman idealnya ditempelkan pada sisi terbesar dari paket misalnya bagian atasnya. Label tersebut wajib berukuran ideal dan ditempelkan menggunakan isolasi dengan erat. Pastikan label tidak terlipat, terselip, terkoyak maupun robek karena dapat menyebabkan informasi penting tidak terlihat sehingga terhambat pengirimannya. 

Umumnya, label ditutupi dengan isolasi transparan atau menggunakan tambahan plastik agar terlindungi dari percikan minyak maupun air selain itu, paket juga akan lebih aman, terutama bila pengiriman internasional atau dokumen – dokumen penting.

Bahan Sticker Label Pengiriman

  1. Bahan Semicoated 

Bahan ini umumnya banyak digunakan produsen dalam mencetak label pengiriman karena permukaannya yang sedikit glossy sehingga memberikan kesan lebih baik. Sayangnya, anda memerlukan printer khusus dengan ribbon bila ingin mencetak label menggunakan bahan kertas ini. 

  1. Bahan HVS

Bahan yang paling murah digunakan untuk pembuatan label yaitu HVS. HVS mudah ditemukan di toko, selain itu kertas ini dapat dicoret atau ditulis menggunakan pulpen atau pena. 

  1. Bahan Thermal

Selian HVS, bahan thermal juga terbilang murah. Bahan ini umumnya berbentuk gulungan, untuk mencetaknya anda bisa menggunakan printer thermal. 

Demikianlah informasi singkat mengenai label pengiriman paket. Bagi anda yang sedang mencari jasa kirim paket ke luar negeri yuk gunakan jasa dari Mooleh.com, dijamin mudah karena didukung dengan kurir ekspres internasional terbaik.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN