ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Volumetrik Adalah Apa Dan Cara Menghitungnya

TIPS
User

joshua

10 May 2023

Bagi orang yang bekerja di jasa ekspedisi atau pengiriman barang mungkin sudah cukup familiar dengan pengertian volumetrik adalah apa. Namun, untuk orang yang mungkin jarang menggunakan jasa atau konsumen biasa tidak terlalu memahaminya. 

Sebelum barang dikirimkan oleh penyedia jasa, penyedia jasa ekspedisi akan melakukan penimbangan dan pengukuran terlebih dahulu pada paket. Hal ini karena ukurannya akan mempengaruhi ongkos kirim termasuk volumetriknya. 

Mengenal Volumetrik Adalah Apa 

Volumetrik merupakan berat dimensi dari suatu paket. Sesuai dengan namanya, berat ini diukur berdasarkan volume dari barang. Satuan berat volumetrik mencerminkan kepadatan dari suatu paket. 

Karena adanya berat volumetrik ini, sering ditemui paket dengan ukuran yang cukup besar. Namun, ketika ditimbang ternyata beratnya tidak sampai satu kilogram. Bahkan, ukuran paket yang besar tersebut cenderung ringan. 

Sebaliknya, kadang pula ditemukan paket yang ukurannya kecil. Namun, ketika ditimbang ternyata paket sangat berat bahkan beratnya bisa lebih dari satu kilo. Situasi inilah yang menunjukkan adanya berat volumetrik di dalam barang atau paket. 

Walaupun ukurannya besar, namun di dalam paket terdapat banyak ruang kosong yang membuat paket menjadi ringan. Sedangkan, ukuran dari barang yang dibungkus sendiri sebenarnya relatif ringan. 

Sebaliknya, pada paket yang kecil kadang tidak ada ruang kosong dan barang yang dikirim sendiri memang berat. Barang yang kurang padat memang pada umumnya menempati lebih banyak ruang dibandingkan dengan berat sebenarnya. 

Berat volumetrik ini tentu saja bisa mempengaruhi ongkos pengiriman. Di mana semakin berat, maka semakin tinggi harga yang harus dibayarkan. 

Cara Menghitung Berat Volumetrik 

Sebenarnya sekarang penimbangan dari berat paket sudah bisa dilakukan melalui timbangan. Namun, untuk paket-paket tertentu misalnya saja untuk paket ukuran besar atau pesanan khusus, timbangan tidak memadai untuk menghitung berat ini. 

Karena itu, jasa ekspedisi seringkali menghitung sendiri volumetrik dari sebuah paket. Apalagi, untuk paket yang relatif besar dan berat seperti peralatan otomotif atau peralatan berat lainnya. 

Rumus dari berat volumetrik adalah : 

P x L x T / 6000 

  • P : panjang dari kemasan paket. 
  • L : lebar dari kemasan paket. 
  • T : Tinggi dari kemasan paket. 

Misalnya, sebuah paket memiliki P : 80 cm, sedangkan L : 45 cm, dan T : 30 cm. Maka perhitungannya sebagai berikut : 

80 x 45 x 30 / 6000 = 18 Kg. 

Jadi berat volume dari paket dengan ukuran tersebut adalah 18 kg. 

Jasa Ekspedisi Akurat dengan Moleeh.com 

Hal yang paling penting dalam melakukan pengiriman barang adalah memilih jasa ekspedisi yang akurat dalam penimbangan barat. Moleeh.com bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena setiap barang akan melalui repacking dan pengukuran ulang sebelum pengiriman. 

Itulah penjelasan mengenai volumetrik adalah apa. Walaupun merupakan konsumen biasa, informasi di atas penting diketahui sebelum melakukan pengiriman paket.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN