ADA BERITA APA HARI INI?

Pahami Apa Itu Kurir Dan Tugasnya Selain Mengantar Paket

UMUM
User

joshua

01 November 2022

Anda mungkin ingin tahu apa itu kurir dan tugasnya? Adanya online shop yang semakin berkembang pesat juga meningkatkan kebutuhan jasa kurir di layanan ekspedisi. Kurir paket yang nantinya akan mengantar setiap barang anda dari proses pembelian online pada pelanggan. Selain mengantar, ternyata kurir mempunyai tugas dan tanggung jawab lainnya. Anda dapatkan informasi seputar kurir ekspedisi berikut.

Apa Itu Kurir Ekspedisi?

Bisa dibilang seorang kurir paket merupakan pelaku utama di sebuah layanan ekspedisi. Tugas dan tanggung jawab utama dari seorang kurir adalah melakukan pengiriman paket atau barang sampai ke alamat tujuan pelanggan.

Agar bisa menjadi seorang kurir, kecepatan dalam melakukan proses kirim barang dan memahami area pengiriman menjadi hal utama. Kurir [paket profesional harus berkarakter jujur serta amanah dalam proses mengirim paket hingga alamat penerima dengan keadaan aman.

Mengirim Barang Atau Paket Sampai Ke Alamat Tujuan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika tanggung jawab utama dari kurir adalah mengirim barang atau paket sampai ke lokasi tujuan. Pengiriman paket oleh seorang kurir bisa bermacam-macam berdasarkan jumlah, ukuran, berat, dll. Misalnya saja untuk mengirim barang dalam jumlah banyak dan berat, maka kurir tidak akan melakukan pengiriman dengan kendaraan roda dua. Kendaraan roda empat ataupun truk mungkin lebih cocok untuk memastikan jika barang sampai tujuan dengan aman.

Biasanya kurir yang menggunakan sepeda motor akan mengirim paket dengan jumlah kecil dan satuan. Namun tak hanya mengirimkan ke satu lokasi saja, kurir biasanya membawa banyak barang dan mengirimkan ke berbagai lokasi.

Memastikan Barang Sampai Ke Tangan Dengan Aman

Selain mengantar barang, kurir juga harus memastikan jika barang dalam kondisi aman sampai ke tangan penerima. Biasanya banyak pelanggan online shop yang ingin paketnya sampai dengan aman. Nah keamanan tersebut nantinya akan dijaga oleh kurir paket dengan cara hati-hati, misalnya saja untuk barang yang diberikan label fragile tidak boleh dibanting selama dalam proses pengiriman.

Mendata Semua Proses Pengiriman

Setelah mempelajari apa itu kurir, anda harus memahami tugas lainnya seperti melakukan pendataan selama pengiriman. Melalui pendataan tersebut, nantinya layanan ekspedisi mengetahui proses pengiriman dengan lebih mudah. Pendataan tersebut membuat pengirim atau penerima barang bisa memantau paketnya di situs penyedia ekspedisi sehingga memberikan rasa aman.

Menjaga Data Penerima Dan Pengirim Paket

Pengirim dan penerima paket tentunya akan mencantumkan informasi data mereka, seperti alamat, nama, no hp, dan masih banyak lainnya. Sudah menjadi tugas dari seorang kurir paket dalam menjaga data tersebut agar aman dan tidak disalahgunakan nantinya.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab kurir, sebenarnya masih ada tugas lainnya seperti melakukan transaksi COD, menyetorkan data pengiriman, dll. Adanya kurir memang sangat membantu semua orang dan anda bisa percayakan pengiriman paket di Mooleh.com

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN