ADA BERITA APA HARI INI?

Pengertian Dan Jenis Kargo

UMUM
User

joshua

09 May 2023

Disadari atau tidak kargo adalah salah satu jasa yang saat ini banyak digunakan. Jasa kargo ini sangat membantu proses pengiriman barang, terutama untuk pengiriman berskala besar. Berikut ini adalah .

Apa Itu Kargo?

Sejak jaman dahulu mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat lain memang sudah biasa dilakukan. Hanya saja dulu pengirimannya menggunakan cara manual. Sehingga secara otomatis proses pengirimannya akan sangat merepotkan dan juga membutuhkan waktu yang sangat lama.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi di zaman sekarang ini. Kemajuan zaman membuat segalanya menjadi semakin mudah. Bahkan dalam urusan mengirimkan barang.

Kini mengirimkan barang, kemanapun tujuannya dan berapapun jumlah barang yang dikirimkan maka tidak akan menjadi masalah. Hal ini berkat adanya jasa ekspedisi.

Jasa ekspedisi sendiri memang ada secara khususnya untuk melayani pengiriman barang, dengan beragam dukungan alat transportasi untuk memudahkan proses pengiriman barang tersebut. Salah satunya adalah jasa kargo.

Jasa kargo adalah pihak ekspedisi yang melayani pengiriman barang dengan jarak yang jauh serta jumlah pengiriman berskala besar. Misalnya saja adalah ekspor produk lokal ke luar negeri atau sebaliknya. 

Dengan adanya kargo ini maka tentunya akan memudahkan proses pengiriman barang antar daerah, antar pulau atau bahkan antar negara. Apalagi dengan maraknya jual beli online maka tentu saja akan sangat mengandalkan pengiriman kargo ini.

Jenis Kargo Berdasarkan Jenis Barang Yang Dikirimkan

Jika dilihat dari apa yang sudah dijelaskan diatas, maka sudah bisa disimpulkan bahwa kargo adalah satu dari sekian banyaknya jenis jasa yang saat ini sangat bisa diandalkan. Adanya trend atau fenomena belanja online serta pembelian atau pengiriman produk dari dan ke luar negeri membuat jasa yang satu jni memang sangat diminati.

Jenis kargo yang pertama dilihat dari jenis barang yang dikirimkan. Dimana dalam hal ini dibedakan ke dalam 3 macam, yaitu :

1. Jenis Kargo Khusus

Merupakan kargo yang digunakan untuk mengirim secara khusus. Misalnya saja benda/surat berharga, hewan peliharaan dan juga jenazah.

2. Jenis Kargo Umum

Merupakan kargo yang digunakan untuk mengirimkan sembarang barang. Misalnya saja alat rumah tangga, spare part kendaraan dan lain sebagainya.

3. Jenis Kargo Berbahaya

Merupakan kargo yang digunakan untuk mengirim barang - barang berbahaya. Misalnya saja gas, zat yang mengandung racun, bahan peledak, radioaktif dan lain sebagainya.

Jenis Kargo Berdasarkan Cara Pengiriman

Kemudian untuk jenis kargo berikutnya juga dilihat dari bagaimana cara pengirimannya. Dimana dalam hal ini dibedakan ke dalam 3 macam, yaitu melalui jalur darat, laut dan juga udara.

Berdasarkan penjelasan diatas maka bisa disimpulkan bahwa sangatlah wajar jika jasa kargo makin populer dan banyak dibutuhkan. Hal ini mengingat fungsi serta manfaat yang ditawarkan oleh jasa kargo adalah sangat menguntungkan. Anda bisa mengunjungi situs Mooleh.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN