ADA BERITA APA HARI INI?

Pengertian Dan Keuntungan Menggunakan Jasa Air Freight Untuk Pengiriman Barang

UMUM
User

joshua

10 May 2023

Pernah mendengar istilah Air Freight? Ya, di dunia pengiriman barang dan ekspor impor, kata air freight pastinya sudah tidak asing lagi. Air freight adalah salah satu jenis layanan pengiriman yang menggunakan moda transportasi udara, sehingga barang dapat tiba dari pihak penjual ke alamat tujuan dengan selamat.

Di era modern seperti sekarang ini, layanan air freight sangatlah penting. Layanan ini memungkinkan suatu barang dagangan dapat diantar ke luar negeri ataupun luar pulau dengan mudah. Tentu saja, untuk negara kepulauan seperti Indonesia, jasa air freight sangatlah diperlukan oleh pedagang sehingga barang dagangan mereka bisa sampai ke tangan konsumen dengan mudah.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan baik oleh penjual maupun pembeli dari jasa air freight. Apa sajakah? Berikut penjelasannya.

Barang Cepat Sampai

Untuk pengiriman jarak jauh, keuntungan utama menggunakan air freight tentu saja agar barang bisa sampai ke alamat tujuan dengan cepat. Bayangkan jika Anda harus mengekspor barang ke negara yang jauh seperti Amerika Serikat, menggunakan transportasi lain seperti kapal kargo pastinya akan memakan waktu sangat lama.

Sementara itu, jika memilih menggunakan pesawat terbang atau air freight, hanya membutuhkan 1-2 hari saja untuk sampai ke alamat tujuan. Paling lama, barang yang dikirimkan akan memakan waktu 1 minggu ditambah dengan waktu tempuh perjalanan darat, proses di kantor bea cukai, dan lain sebagainya.

Lebih Aman

Secara umum, penggunaan moda transportasi udara untuk pengiriman barang lebih aman dibandingkan transportasi darat atau laut. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena peraturan yang diterapkan untuk jenis pengiriman ini jauh lebih ketat. Salah satunya adalah penerapan ICAO (International Civil Aviation Organization).

Sayangnya, peraturan yang ketat ini justru sering disalahpahami oleh sebagian penjual. Mereka menganggap adanya peraturan ini akan membuat proses pengiriman barang menjadi lebih ribet dengan banyaknya persyaratan.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Selama Anda menjual barang-barang legal secara resmi, prosesnya cukup mudah. Selain itu, pastikan barang dagangan dan usaha Anda sejak awal sudah memenuhi persyaratan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Integrasi Dengan Jenis Transportasi Lainnya

Air freight pastinya hanya berfungsi untuk mengantarkan barang dari bandara satu ke bandara lainnya. Selanjutnya, barang dagangan Anda akan disimpan di gudang atau warehouse sekitar bandara untuk kemudian akan didistribusikan ke gudang yang lebih kecil dekat lokasi tujuan.

Nah, sistem air freight ini sejak awal sudah terintegrasi dengan baik dengan jenis transportasi lainnya. Ketika Anda mengirimkan barang dagangan dari Jakarta ke Changwon di Korea Selatan, misalnya. Maka, barang akan diantarkan lewat jalur pesawat ke Bandara Incheon, Seoul. Selanjutnya, akan didistribusikan lagi dengan mobil kargo ke kota yang bersangkutan. Kemudian, akan diantarkan ke alamat tujuan melalui kurir.

Untuk ekspor impor terbaik dengan air freight, pastikan hanya menggunakan layanan dari Mooleh. Mooleh merupakan jasa layanan pengiriman barang yang berpengalaman dan terpercaya. Untuk informasi lebih lanjut, klik Mooleh.com

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN